6 Tips dalam Merawat AC di Rumah agar Tetap Dingin

oleh -20 views
Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/air-conditioning-decoration-interior_4011406.htm#query=AC&position=3&from_view=search

AC memiliki fungsi utama untuk mengusir rasa panas, apalagi jika tinggal di daerah yang yang punya suhu cukup tinggi. Namun perlu diketahui, salah satu permasalahan pada AC yang kerap terjadi adalah air conditioner yang tidak dingin. Untuk meminimalisir kejadian ini, Anda harus tahu cara merawat AC agar tetap dingin.

Beberapa cara perawatan yang tepat akan membuat Anda bisa awet lebih lama. Sehingga dinginnya AC tetap terjaga dan bisa membuat ruangan adem sepanjang waktu.

Agar AC Tetap Dingin, Lakukan 6 Tips Ini

Lalu bagaimana cara perawatan AC yang bisa dilakukan untuk membuat produk elektronik ini tetap dingin? Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

  1. Bersihkan AC Secara Berkala

Untuk perawatan AC maka harus sering dibersihkan. Caranya dengan mulai membersihkan bagian saringan udara. Saringan udara ini punya fungsi untuk menyaring debu- debu yang bisa menyumbat permukaan evaporator.

Ketika saringan AC kotor, maka bisa menghambat keluarnya udara dingin dan bisa menurunkan suhu AC. Untuk melakukan pembersihan saringan AC maka bisa dilakukan 2 minggu sekali agar fungsi AC tetap optimal.

Selain bagian saringan, Anda juga perlu membersihkan kumparan kondensor AC. Bagian ini juga biasanya terdapat banyak debu yang menumpuk. Debu pada kumparan akan mempengaruhi kemampuan AC untuk menyerap panas. Bahkan yang paling parah, kondisi ini bisa menyebabkan AC kelebihan beban dan membuat korsleting.

  1. Sesuaikan PK AC Dengan Kebutuhan

PK atau paardekracht merupakan satuan ukuran AC. Jika ingin membuat AC tetap dingin di dalam ruangan, maka harus sesuaikan ukuran ruangan dengan ukuran PK AC. Ukuran PK AC yang lebih besar daripada ruangan maka akan membuat ruangan Anda terasa lebih adem dan sebaliknya.

Jika menggunakan AC dengan PK yang kecil tapi punya ruangan besar akan membuat pemborosan listrik, karena AC akan bekerja secara maksimum terus-menerus. Anda bisa menggunakan rumusan perhitungan khusus untuk menentukan PK AC yang cocok dengan luas ruangan.

  1. Atur Suhu Thermostat

Pengaturan suhu thermostat juga sangat penting saat menggunakan AC agar tetap dingin. Sebaiknya untuk pengaturan suhu AC, jangan sampai di bawah 22 derajat Celcius. Saat Anda melakukan pengaturan suhu di titik 23 derajat Celcius, maka kompresor akan bekerja membuat suhu ruangan berada di titik tersebut.

Kemudian akan mendeteksi suhu ruangan apabila sudah mencapai titik itu maka AC akan berhenti bekerja dan hanya mengeluarkan angin saja. Lalu jika suhu meningkat naik, maka kompresor AC akan bekerja lagi.

Tapi ketika suhu AC berada di bawah 22 derajat Celcius, maka mekanisme AC tidak akan mendeteksi suhu ruangan di titik tersebut apalagi semakin di bawah misalnya di angka belasan. Karena seperti diketahui iklim Indonesia mempunyai suhu ruangan, jadi tidak mungkin mencapai titik belasan. Ini akan membuat kompresor AC bekerja sangat maksimum dan bisa mengurangi keawetan dari kompresor. Untuk penggunaan AC di dalam ruangan maka pastikan ruangan tertutup rapat, agar mencegah dinginnya AC berkurang.

  1. Service AC Secara Berkala

Cara merawat AC agar tetap dingin, dengan melakukan servis AC secara berkala. Anda bisa melakukan cuci AC dan juga melakukan pengecekan pada freon secara rutin. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan sendiri, Anda membutuhkan yang namanya jasa service AC. Untuk pengecekan freon AC, biasanya tukang service akan memeriksa apakah freon sudah kosong atau belum.

Jika sudah kosong, maka freon perlu diisi dan perlu dilakukan pengecekan pula apakah ada kebocoran dari freon. Jasa tukang servis sangat berguna untuk menjaga keawetan dari AC Anda dan juga membuat fungsinya tetap normal. Pastikan pula bahwa Anda memilih tukang service AC profesional. Waktu yang tepat untuk melakukan servis AC adalah minimal 3 bulan sekali dan maksimal 6 bulan sekali.

  1. Cek Bagian Kipas

Yang terakhir Anda bisa melakukan pengecekan pada bagian kipas yang terpasang di unit kondensator bagian luar. Anda bisa memeriksa bagian kipas apakah kondisinya masih bagus atau harus sudah mengganti pisau kipas.

Penggantian pisau kipas bisa terjadi karena pisau retak atau pecah. Ketika kipas tidak berfungsi secara normal, bisa saja mengakibatkan udara dingin yang dikeluarkan oleh AC tidak maksimal lagi.

  1. Pakai Timer

Timer adalah salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan untuk membuat ac bisa lebih awet dinginnya. Atur timer ini digunakan untuk mengelola penggunaan AC. Untuk pemakaian AC normal maka bisa dinyalakan dengan waktu maksimal 5 jam untuk satu kali pemakaian.

Setelah itu Anda bisa membiarkan mesin istirahat agar kembali dingin. Setelah mesin beristirahat baru bisa dipergunakan lagi untuk mendinginkan suhu ruangan.

Itu tadi 6 cara merawat AC agar tetap dingin yang bisa Anda lakukan. Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa pakai termometer untuk memantau suhu ruangan. Dengan termometer ini maka Anda bisa lebih mudah mengetahui apakah AC masih bekerja normal atau tidak sesuai suhu ruangan. Untuk Anda yang sedang mencari tukang servis pada AC, maka kini bisa menggunakan marketplace Blibli.

Blibli kini tidak hanya menyediakan berbagai produk dari berbagai kategori saja, tapi juga menyediakan jasa service terutama untuk barang elektronik. Untuk jasa servis yang tersedia tentu saja merupakan jasa profesional, dari perusahaan penyedia jasa terbaik. Selain itu tentu Anda juga bisa memanfaatkan Blibli untuk pembelian produk AC dari berbagai merk dan tipe. Jangan khawatir pada kualitas produk di Blibli sudah pasti original dan menawarkan harga terbaik.

Loading...

No More Posts Available.

No more pages to load.