8 Tips Ini Membuat Rumah Kamu Akan Aman Saat Ditinggal Mudik

oleh -598 views
Ilustrasi

INDIKASINews, Jakarta — Mudik ke kampung halaman menjelang Lebaran adalah sebuah tradisi yang selalu dilakukan oleh orang banyak setiap tahunnya. Apalagi yang hidupnya merantau di kota besar, jauh dari orangtua, dan keluarga besar. Momen Lebaran pasti selalu dimanfaatkan untuk pulang ke kampung halaman.

Bagi kamu yang bekerja dan tinggal jauh dari orangtua dan keluarga, pasti kamu ingin pulang ke kampung halaman dan melepas rindu karena sudah lama nggak bertemu. Tapi, jika rumah kamu kosong saat kamu mudik, akan rawan terjadi pencurian ataupun bahaya lainnya. Nah, Berikut 8 tips supaya rumah kamu aman saat kamu tinggal dan mudikmu jadi tenang.

1. Semua pintu dan jendela jangan sampai lupa dikunci

Mengunci pintu dan jendela adalah hal yang paling penting dilakukan saat akan meninggalkan rumah. Pintu dan jendela adalah jalan utama masuknya pencuri. Jadi, jangan sampai kamu lupa mengunci semua pintu dan jendelamu, ya. Selain itu, jangan meninggalkan kunci di bawah pot, keset, atau tempat lainnya karena kunci yang kamu tinggalkan di tempat-tempat seperti itu mudah sekali ditemukan oleh pencuri.

2. Cabut semua colokan listrik dan gas

Korsleting listrik seringkali menjadi penyebab terjadinya kebakaran di rumah. Sebelum kamu pergi, periksa dan matikan semua perangkat elektronik yang ada di rumahmu. Setelah itu, cabut semua colokan yang masih terpasang di stop kontak serta cabut selang gas yang masih terpasang untuk menghindari kebakaran.

3. Simpan semua barang berharga di tempat yang aman dan terkunci

Kamu akan pergi meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Maka sebaiknya simpan semua barang-barang berharga, seperti perhiasan, surat-surat yang penting atau uangmu di tempat yang memiliki kunci, seperti laci kecil dalam lemari atau safety box jika kamu punya. Lalu bawa kunci tersebut agar tidak ada yang bisa membukanya selagi kamu meninggalkan rumah.

Loading...