81 Kamera CCTV ETLE Akan Dipasang di 25 Titik Persimpangan Jakarta

oleh
217 views
Petugas Traffic Management Center (TMC) memantau pelanggar lalu lintas di ruas jalan Thamrin-Sudirman melalui layar CCTV yang berada di ruang kontrol Ditlantas Polda Metro Jaya. (ist)

INDIKASINews, Jakarta — Polda Metro Jaya berencana memasang 81 kamera Closed Circuit Television (CCTV) di Jakarta. Sebanyak 81 kamera CCTV akan dipasang di 25 persimpangan di Jakarta yang berguna untuk memperluas sistem tilang eletktonik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) pada tahun 2019.

“Tahun depan, insya Allah kita pasang semuanya. Satu titik satu simpang, kamera yang terpasang tidak hanya satu, bisa dua bisa tiga,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (25/11/18).

Pemasangan kamera itu direncanakan akan mulai dilakukan pada Januari 2019.

Kamera “mata-mata” itu, kata Yusuf, akan dipasang di persimpangan yang memiliki tingkat arus kendaraan tinggi dengan tingkat penerangan memadai.

“Pemasangan di lokasi yang ada lampu penerangan jalan, area gelap tidak mungkin kami pasang,” kata Yusuf.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB ) Syafruddin mengatakan, ETLE merupakan inovasi yang baik dalam penegakan hukum berlalu lintas di Indonesia.

“Untuk menjadi Indonesia the big five in the world maka harus melingkupi semua aspek. Apapun yang di lakukan, inovasi yang dilakukan menjadi langkah tepat untuk kemajuan Indonesia,” ujar Syafruddin dalam peluncuran penindakan ETLE di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (25/11/18)

Berikut lokasi yang akan di pasang kamera CCTV E-TLE:

1.Simpang traffic light Kota sebanyak 3 kamera

2.Simpang trafic light Ketapang atau Gajah Mada sebanyak 2 kamera.