Ada Bangunan Tak Ber-IMB, CKTRP Tambora Makan Gaji Buta

oleh -47 views

Jakarta,, Indikasinews.com – Peraturan Daerah (PERDA) Nomor 7 tahun 2010 dan Peraturan Gubernur (PERGUB) Nomor 128 tahun 2012 menyatakan, Peraturan Daerah mengatur tentang tata cara membangun di provinsi DKI Jakarta.

Dalam pelaksanaan serta penerapannya, banyak yang menyimpang dari aturan dan membuat celah bagi oknum pejabat untuk bermain mata dengan pemilik bangunan.

Hal ini terlihat dari kegiatan masyarakat yang mendirikan bangunan tanpa adanya Izin Mendirikan Bangunan (IMB), seperti yang terlihat di Jalan Angke Indah Raya, Tambora Jakarta Barat.

Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) Kecamatan Tambora diduga terkesan membiarkan adanya bangunan di wilayahnya yang tidak ada IMB. Jelas-jelas bangunan tersebut berada di pinggir jalan di Jl. Angke Indah, mustahil untuk tidak terlihat adanya kegiatan pembangunan.

Salah seorang masyarakat setempat mengatakan, bangunan berdiri kokoh namun melanggar, yang berlokasi di wilayah Angke, Tambora, hingga saat ini belum juga ada tindakan tegas.

“Belum ada tindakan tegas dari Citata Kecamatan Tambora,” katanya.

Dalam hal ini instansi terkait seperti Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) Kecamataan Tambora dan Satpol PP harus menindak sesuai aturan.

“Kalau ternyata bangunan yang melanggar itu masih berjalan terus tanpa adanya tindakan tegas, berarti ada sesuatu yang perlu ditanyakan ke CKTRP Kecamatan Tambora dan Satpol PP,” ujarnya.

Pada prinsipnya, jika bangunan yang melanggar itu tidak ada tindakan artinya ada dugaan kesengajaan pelanggaran undang undang, perlu ditindak tegas oleh dinas terkait.

“Kalau pejabatnya enggak bisa mengatasi, diganti saja. Ini sama aja makan gaji buta,” tegasnya.

Diketahui, bangunan beralamat di Jalan Angke Indah, Tambora Jakarta Barat diduga kuat melanggar Perda. Bahkan, pelanggaran bangunan tersebut berdiri tanpa Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).(tim)

Loading...