Ahok Sesalkan 5 Pulau Hilang di Kepulauan Seribu

oleh
75 views
Jakarta, INDIKASI News — Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menyatakan dengan tegas bahwa Kepulauan Seribu sebagai harta karun milik DKI Jakarta. 
Basuki menyayangkan adanya lima pulau yang hilang dari 115 pulau yang ada di Kepulauan Seribu meskipun ia menduga hilangnya lima pulau tersebut karena dangkal sehingga tertutup air.
Hal tersebut disampaikan Basuki saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka, Selasa (6/4). 
“Ini (Kepulauan Seribu) harta karunnya DKI. Kita bisa buat di sini lebih dari Maldives,” katanya. 
Tidak menutup kemungkinan menjadi destinasi wisata dunia seperti Maldives akan terjadi pada Kepulauan Seribu. 
Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggelar beauty contest atau lelang kepada perusahaan swasta agar mereklamasi kembali pulau-pulau yang hilang. 
“Tapi kalau sudah jadi, sertifikat punya siapa? DKI. Kalau mau sewa untuk bangun resort silakan, tapi 100 persen itu milik DKI. Bahkan tambah pulau juga boleh,” ujarnya. 
Apalagi Kepulauan Seribu memiliki visi untuk menjadi destinasi wisata dunia. Dengan demikian persoalan turis dan budidaya harus dilakukan dan desain tata ruang Kepulauan Seribu dengan baik. 
“Kita lagi susun Peraturan Daerah (Perda)-nya. Jangan sampai mana budidaya dan wisata dicampur aduk. Kalau di sini sudah terbangun resort dunia, pasti butuh makanan banyak dan di sekitarnya harus tumbuh budidaya,” pungkasnya. (sbs)