Arus Balik Diperkirakan Mulai Besok, Kemenhub Rencanakan Rekayasa Lalu Lintas

oleh -311 views
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

INDIKASINews, Jakarta — Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 19-20 Juni 2018. Namun, pergerakan arus balik diperkirakan sudah terjadi sejak besok. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai besok juga telah mempersiapkan penanganan arus balik.

“Pantau balik itu kelihatannya baru besok ya, jadi sudah lebih banyak yang balik. Kalau sekarang ini lebih banyak yang masih arus mudik,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Posko Mudik Kemenhub, Jakarta, Minggu (17/6/18).

Direktur Jenderal Hubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menambahkan, pihaknya tengah mempersiapkan beberapa strategi agar pemudik dapat kembali dengan aman dan nyaman. Misalnya dengan merencanakan rekayasa lalu lintas dengan membuka jalan tol fungsional untuk arus balik dan menambah beberapa rest area.

Jalan tol TransJawa yang hanya searah mulanya digunakan untuk jalur mudik, namun mulai besok pagi akan dialihfungsikan menjadi jalur arus balik. Dengan demikian, pihaknya akan menutup jalan tol fungsional tersebut untuk jalur mudik nanti malam pukul 22.00 WIB untuk melakukan persiapan.

“Besok pagi sudah mulai tutup. Nanti malam sudah mulai ditutup jam 10 karena ada pemeliharaan setelah itu besok baru dibuka dari Semarang ke Jakarta,” ujarnya.

Tol fungsional yang akan dialihfungsikan menjadi jalur arus balik yaitu Tol Pemalang-Batang, Tol Batang-Semarang, Tol Semarang-Solo, Tol Solo-Ngawi, dan Tol Ngawi-Kertosoni. Pengoperasian tol sepanjang 235 kilometer ini dapat dilalui untuk arus balik selama 24 jam.

Loading...