Aset First Travel Rp50 M Hasil Penipuan Disita Mabes Polri

oleh -152 views
Jakarta, INDIKASINews — Bareskrim hingga saat ini masih memburu aset PT First Travel yang diduga sengaja disembunyikan oleh para pelaku penipuan calon jamaah haji dan umroh yang sudah dijadikan tersangka.
Dari hasil penyitaan oleh Bareskrim, untuk sementara aset First Travel yang telah diamankan ditaksir sekitar Rp50 miliar, Minggu (8/10/17).
Perlu diketahui jumlah ini sangat kecil bila dibandingkan uang jamaah yang dilarikan Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan yang mencapai Rp1 triliun.
Kondisi itu segera membuat penyidik menduga bahwa ada uang cash yang disimpan oleh kedua owner First Travel, sehingga pencarian terus dilakukan, namun belum ada hasil yang berarti.
Kasubdit V Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Kombes Pol Dwi Irianto mengatakan kemungkinan besar ada uang cash yang disimpan dalam jumlah besar di tempat yang tersembunyi.
”Makanya, sudah saya sebutkan kalau ada pencarian itu di rumah, kantor, dan lain-lain,” ujar Dwi.
Apalagi, soal biaya yang habis untuk keperluan pribadi dan operasional itu hanya Rp127 miliar. Maka, pertanyaan ke mana uang yang tersisa menjadi begitu penting.
”Kemana yang lainnya ini,” sambungnya.
Selain itu, bisa jadi Andika dan Anniesa menyembunyikan harta korban First Travel dalam bentuk batangan emas.
Pasalnya, hingga saat ini penyidik belum menemukan adanya emas dan perhiasan.
”Belum kami temukan yang begitu,” katanya.
Dwi menjelaskan, saat ini ada beberapa lokasi lain yang dicurigai menjadi tempat disembunyikannya aset dimana penyidik masih terus berada di lapangan untuk mendeteksinya.
”Kami cari terus, para penyidik masih melakukan pencarian,” jelas Dwi.
Sementara itu Pengurus PKPU (penundaan kewajiban pembayaran utang) First Travel Abdillah menjelaskan bahwa PKPU diperpanjang hingga 30 hari kedepan. (ht-red)

Loading...