Berikut Delapan Resiko Menjadi Jurnalis yang Harus di Pahami

oleh
526 views
Jurnalis (ist).

INDIKASINews, Jakarta — Bekerja menjadi jurnalis, wartawan atau pencari berita tentu tidak hanya sekadar tahu menulis dan melaporkan suatu kejadian. Lebih dari pada itu, wartawan haruslah paham kode etik jurnalistik tentang keakuratan berita, privasi narasumber, pengujian informasi, hak narasumber, dan lain sebagainya.

Baca juga: Berikut Teknik dan Cara Menulis Berita Jurnalistik yang Baik dan Benar

Tidak ada pekerjaan yang mudah, pun juga jadi seorang jurnalis. Selain dibutuhkan keberanian, jadi jurnalis juga butuh komitmen dan passion untuk menyalurkan berita yang akurat dan layak dikonsumsi masyarakat luas. Kalau hanya sekadar melapor tanpa menguji, maka siapa saja pasti bisa jadi wartawan.

Memperingati Hari Pers Nasional, kamu yang punya cita-cita bekerja dalam bidang ini kudu tahu risiko apa saja yang akan kamu dapatkan saat terlibat dalam wilayah pekerjaan ini. Ini daftarnya!

1. Pekerjaan ini kental dengan risiko kematian

Saat melakukan tugas liputan di tempat yang sedang terjadi kerusuhan atau bencana alam, kamu harus siap menghadapi hal-hal yang tidak terduga, termasuk kematian. Nyatanya, bukan hanya tentara yang rela mati bagi negara. jurnalis juga harus rela mati demi berita. Jadi kalau kamu tidak sungguh-sungguh ingin jadi wartawan, lebih baik jangan.