Berikut Fakta Unik Pada Alat Kontrasepsi ‘Kondom’ Yang Jarang Diketahui

oleh -1.069 views

INDIKASINews, Jakarta — Menggunakan alat kontrasepsi atau kondom saat bercinta terdengar lumrah ditelinga orang dewasa. Nah tapi tahukah Anda jika kondom mempunyai berbagai fakta unik yang jarang di dengar oleh khalayak ramai.

Dilansir dari Times of India Sabtu (24/2/18), berikut fakta-fakta menarik dibalik benda yang namanya kondom:

Kondom Digunakan Sejak 15000 Tahun Lalu

Tidak hanya manusia zaman sekarang, nenek moyang kita juga ternyata sudah menyadari tentang seks yang aman. Orang mulai mengenal kondom dari seorang manusia gua Perancis bernama Grotte des Combarrelles, yang dindingnya dilukis dengan seorang pria yang menggunakan kondom. Lukisan ini diperkirakan berusia 15000 tahun. Sebuah buku berjudul ‘Johnny Come Lately: A short history of condom’ punya data ini.

Kondom Tertua Terbuat dari Usus Babi

Museum Austria masih menyimpan kondom tertua di dunia, yang dibuat pada 1640. Kondom tersebut merupakan kondom dari Swedia yang terbuat dari usus babi.

Dikatakan juga bahwa kondom tersebut dibuat dengan direndam pada susu panas agar terbebas dari kuman sebelum digunakan.

Bahan lain yang digunakan untuk membuat kondom zaman dahulu adalah kandung kemih binatang, kulit ikan, tanduk, kertas sutra berminyak, dan tempurung kura-kura.

Kondom tersebut digunakan tentara untuk melindungi senapan dari karat. Senapan yang digunakan dalam perang dilapisi dengan kondom agar tidak berkarat. Metode ini dibuat pada Perang Dunia II. Wadah untuk senapan dilapisi dengan kondom.

Hari Valentine Jadi Hari Nasional Kondom

Hari valentine selalu identik dengan bunga dan cokelat. Tapi, data menyebutkan bahwa sekitar 87 kondom digunakan setiap detik pada tanggal 14 Februari. Data ini tentu memperkuat sebutan untuk hari Valentine sebagai hari nasional kondom.

40 Persen Kondom Dibeli Wanita

Menurut data terbaru, 40 persen kondom justru terjual kepada para wanita yang bertanggung jawab atas kesehatan seksual dirinya dan pasangannya.

Penulis: NW-II
Editor: Tim

Loading...