Berikut Teknik dan Cara Menulis Berita Jurnalistik yang Baik dan Benar

oleh
280 views
Jurnalistik (ist).

INDIKASINews, Jakarta — Berikut Teknik dan cara Menulis Berita Jurnalistik yang Baik dan Benar, Teknik menulis berita adalah cara menyusun laporan atau informasi aktual tentang suatu peristiwa atau masalah untuk dipublikasikan di media massa. Sebelum berkenalan lebih dalam dengan Teknik dan Cara Menulis Berita Jurnalistik yang Baik dan Benar. Mari ketahui terlebih dulu dasar dan pengertian berita.

Pengertian Berita

Secara bahasa, berita (news) menurut Kamus Bahasa atau tepatnya Kamus Besar Bahasa Indonesia Berita atau News artinya adalah:

a. Cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat;

b. laporan;

c. pemberitahuan; pengumuman.

Sedangkan Dalam bahasa Inggris, kata berita (news) mempunyai arti sebagai berikut:

a. newly received or noteworthy information, especially about recent or important events (informasi yang baru diterima, terutama tentang peristiwa terbaru atau penting)

b. a broadcast or published report of news (laporan penyiaran atau publikasi berita)

c. information not previously known to someone (informasi yang sebelumnya tidak diketahui, info baru).

Sinonim news dalam bahasa Inggris adalah report (laporan), announcement, (pengumuman) story (cerita), dll.

Dalam literatur jurnalistik, berita adalah informasi atau laporan peristiwa aktual yang mengandung nilai berita (news values).

Nilai Berita

Berdasarkan Nilai Berita maka Tidak semua berita dapat dipublikasikan atau “layak muat’ (fit to print, fit to broadcast). Untuk dapat dipublikasikan di media, sebuah berita haruslah memenuhi karateristik yang dikenal dengan “nilai- nilai berita”.