Bunga Sedap Malam Laris Menjelang Hari Raya Idul Fitri

oleh
91 views
Bunga sedap malam

INDIKASINews, Jakarta — Bagi sebagian kaum muslim, merayakan Lebaran akan lebih semarak dengan semerbak bunga sedap malam. Tak urung pasaran bunga sedap malam pada H-1 pun meroket dan dijual di kisaran Rp15.000 per batang.

“Sudah tradisi setiap Lebaran, saya membeli bunga sedap malam untuk di ruang tamu, ruang makan dan ruang keluarga. Harumnya semerbak,” kata Ningsih, warga Kembangan saat membeli bunga sedap malam di Pasar Bunga Rawa Belong, Kamis (14/6/18).

Pantauan di Pasar Bunga Rawa Belong, penjualan bunga sedap malam di Pasar Bunga Rawa Belong melonjak drastis menjelang Hari Raya Idul Fitri. Para pedagang mengaku berkah lebaran setiap tahun sangat mendongkrak omset penjualan bunga semerbak itu.

Salah satu pedagang Agus, mengaku membeli bunga sedap malam dari pemasok di Surabaya. Di kiosnya, ia menjual bunga sedap malam Rp300.000 per 100 batang (gabung). Jika eceran dijual Rp5.000 per batang.

‘Alhamdulillah minat masyarakat khususnya kaum muslim tetap tinggi untuk membeli bunga sedap.malam di saat lebaran,” ujarnya semringah.

Di luar Pasar Bungs Rawa Belong, banyak pedagang yang menjual bunga sedap malam secara eceran di pinggir-pinggir jalan berkisar Rp15.000/batang.

Kepala UPT Pusat Promosi dan Sertifikasi Hasil Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Ali Nurdin menjelaskan pihaknya menggelar bazar bunga sedap malam dua kali setahun.

Di pasar ini bunga sedap malam dipasok dari Ambarawa, Surabaya dan Bandung.
Bazar bunga sedap malam digelar sejak tanggal 11 hingga 14 Juni 2018. Pada lebaran 2017 omset bunga sedap malam mencapai Rp1,8 miliar dengan jumlah 3.642 gabung. Sedangkan hingga 13 Juni, sebanyak 1.859 gabung bunga sedap malam terjual dengan transaksi penjualan Rp697 juta.

“Pedagang bunga sedap malam di sini meraup untung besar setiap bazar bunga,” kata Ali Nurdin.

Penulis: RCH-PK
Editor: Red