Bupati Aru: Terima Kasih Kemenhan Sudah Kasih Kapal Perang untuk Aru

oleh -535 views
Dobo, INDIKASINews — Lanal Aru mendapatkan bantuan kapal perang yang akan melakukan patroli di perairan laut Arafura.
Acara penyambutan kapal perang dengan komandan kapal Lettu Laut Octavianus Mami beserta seluruh awak kapal tersebut berlangsung di Pelabuhan Yos Sudarso dobo, dihadiri oleh Bupati Johan Gonga dan Wakil Bupati Muin Sogalrey, Sekda Aru Moh Djumpa, Komandan Lanal Aru Letkol Laut Dwi Atmojo, Danramil 1503 Dodi Masaoy, Kapolres Kepulauan Aru AKBP Adolof Bormasa, Para Pimpinan OPD, Para Prajurit TNI AL, serta para unsur Muspida lainnya. (6/9/17).
Mengawali kegiatan tersebut, Komandan Lanal Aru Letkol Laut Dwi Atmojo dalam sambutannya mengatakan, “Kita sebagai bangsa maritim patut berbangga atas berbagai macam kekayaan alam negeri kita terutama yang ada disekitar aru ini, namun demikian kekayaan alam yang banyak ini bisa di curi manakala Pemerintah tidak dapat mengambil langkah-langkah yang konkrit dalam pengelolaan kekayaan alam tersebut”. Ujarnya
“Diera pemerintahan saat ini patut kita bersyukur karena pemerintah telah menyatakan komitmennya lewat program nawacita dimana dari 9 program tersebut ada poin mengenai pembangunan yang dimulai dari pesisir dan perbatasan, serta komitmen dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Sambungnya.
Penyambutan KAL pulau terangan sebagai salah satu unsur yang akan memparkuat jajaran Lanal aru dan kapal perang ini merupakan karya anak bangsa sendiri yang produksi di jakarta oleh PT Esco, kapal perang KAL pulau terangan memiliki panjang kurang lebih 30meter,dan kecepatan maksimal 30knot, namun dalam pengoperasianya sehari hari sekitar 17knot, dan itu kecepatan ekonomis sementara.
Pengujiannya disaksikan oleh hadirin, kecepatannya di bawah 15knot, kapal KAL terangan juga dilengkapi dengan peralatan navigasi yang modern serta persenjataan maupun miriam yang ada di dalamnya.
komandan Lanal aru juga menyampaikan selamat datang bagi komandan kapal serta seluruh kru.
Bupati Johan Gonga dalam sambutannya dalam rangka penyambutan KAL pulau terangan mengatakan “suatau kebanggaan dan kebahagiaan dari masyarakat kabupaten kepulauan aru dan khususnya Lanal aru di mana di depan kita ada sebuah kapal patroli yang cukup megah dengan memiliki kecepatan yang luar biasa, kami ucapkan terima kasih kepada kementrian pertahanan dan keamanan RI dan komandan Lanal aru yang telah berupa dan berusaha sehingga kita bisa mendapatkan dua buah kapal patroli dan yang satu sudah ada, sementara yang satu kita masih menunggu, mari kita berikan apresiasi kepada bapak Danlanal ” kata orang nomor satu di daerah ini. Ungkapnya.
“Kalau kita lihat kabupaten ini merupakan daerah kepulauan 80% adalah laut, sementara 20% adalah daratan, berada pada 10 kecamatan dan 117 desa, 2 kelurahan dan mempunyai 8 buah pulau terluar pulau terluar itu berbatasan dengan negara tetangga kita australia kemudian untuk kabupaten perbatasan dengan laut kei dan papua.
karena kita punya lautan yang cukup luas maka itu sektor keunggulan kita, kekayaan kita yang tidak lain adalah hasil perikanan, dan aru ini merupakan berkat dari Tuhan karena semua hasil laut berada di aru, baik itu ikan, biota laut, sampai dengan terumbu karang.
Kalau kita ikuti stegmen dari ibu menteri kelautan dan perikanan, ibu susi tentang ilegal fishing yang berada di laut arafura (laut aru). negara mengalami kerugian setiap tahun mencapai 20triliun”. Sambung Bupati.
Bupati sangat mengharapkan dengan adanya kapal ini benar-benar di optimalkan. semoga kapal ini bisa bergabung di kabupaten kepulauan aru, untuk menjaga pertahanan dan keamanan di bumi cenderawasi lestari indah ini. Harapnya. (Deca)

Loading...