Cairkan Dana BOS, Diduga Kepsek SMP Negeri 4 Cimanggu Palsukan Tanda Tangan Komite Sekolah

oleh -1.146 views
Ilustrasi

INDIKASINews, Pandeglang — Komite sekolah berfungsi dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan di sekolah,dalam usaha peningkatan mutu pendidikan itu, komite sekolah bisa melakukan penggalangan dana melalui upaya kreatif dan inovatif, namun tugas komite sekolah bukan hanya mengalang dana. setidaknya ada beberapa tugas komite sekolah berdasarkan Permendikbud nomor 75 tahun 2016 tentang komite sekolah.

Dalam Permendikbud nomor 75 tahun 2016 pasal 3 ayat 1 di sebutkan bahwa komite sekolah bertugas mengawasi pelayanan pendidikan di sekolah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. komite sekolah juga bertugas memberi pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan terkait kebijakan dan program sekolah, rencana anggaran pendapatan dan belanja sekolah/rencana kerja dan anggaran sekolah (RAPBS/RKAS) kriteria kinerja sekolah, kriteria fasilitas pendidikan di sekolah dan kriteria kerjasama sekolah dengan pihak lain.

seperti halnya di katakan komite SMP Negeri 4 Cimanggu, Kecamatan Cimanggu Kabupaten Pandeglang Banten “Selama ini komite tidak pernah tau tujuan kemana saya, dan saya tidak di ajak rapat, apa yang diselenggarakan oleh pihak sekolah,”ungkapnya, Senen (15/6/2020).

Dirinya juga mengakui dan menerangkan selama menjabat beberapa tahun menjadi ketua komite tidak pernah memegang atau menggunakan stempel/cap tersebut terkait rencana kerja sekolah, anggaran sekolah, dan saya jujur saya selaku ketua komite sekolah saya dijadikan ketua komite cuma nama saja, dan tidak pernah di libatkan oleh kepala sekolah, tambahnya.

Lanjut Ketua Komite “Apalagi agenda rapat dengan orang tua siswa terkait iuran untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang mana membayar “450 ribu”, terus terang saya tidak tau selaku ketua komite, terkait realisasi anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) berapa jumlahnya nilai uangnya berapa saya sama sekali tidak tau atau dilibatkan, berarti adanya dugaan pemalsuan tandatangan masalah dana di sekolah dan lain-lainnya,” tandasnya. (RBL-IN)

Loading...