Curah Hujan Meningkat, Jalan Protokol Kota Tangerang Tergenang Banjir

oleh
51 views
Banjir. (ist)

INDIKASINEws, Tangerang — Volume curah hujan deras yang mengguyur Kota Tangerang sepanjang Jumat siang hingga sore, menyebabkan sejumlah ruas jalur protokol dan permukiman terendam banjir. Genangan air merendam hingga sebatas lutut orang dewasa.

Kepala bidang Pemeliharaan Dinas Kebersihan Pemerintah Kota Tangerang Agus Sumarna mengatakan beberapa titik genangan yang tak luput dari pantauan adalah sejumlah ruas protokol seperti jalan M. Yamin, jalan Daan Mogot, jalan MH. Thamrin dan jalan Imam Bonjol.

“Sifatnya temporer kami segera menurunkan 60 petugas untuk menangani genangan, sebab genangan mengganggu lalu-lintas,”kata Agus.

Kepala bagian Humas Pemerintah Kota Tangerang Felix Mulyawan mengatakan untuk menangani persoalan banjir selama lima tahun terakhir Pemkot sudah membangun turap di 235 titik.

Kemudian Pemkot Felix menyebutkan telah membangun 1.466 ruas sistem drainase sepanjang 626,865 kilometer.

Penanganan banjir di pemukiman warga dilakukan dengan membangun embung. Tujuannya untuk menampung kelebihan air hujan sehingga tak membanjiri pemukiman.

“Sampai saat ini, telah terbangun sembilan embung dan menargetkan kembali membangun enam embung lainnya,”kata Felix.

Sementara itu, untuk pusat pengendali banjir yang telah dibangun Pemkot Tangerang sejak tahun 2014 hingga sekarang mencapai 75 lokasi.

Pembangunan ini sejalan juga dengan pekerjaan pintu air yang telah terbangun di delapan lokasi dan Pemkot juga akan kembali membangun enam pintu air tambahan yang ditargetkan selesai di akhir tahun ini.

Warga Perumahan Bona Sarana Indah di Kebun Nanas, Safril Elain mengungkapkan setiap kali hujan deras selalu terjadi genangan tinggi di jalan.

Kata Safril, genangan itu timbul karena volume air dan saluran tidak seimbang. Banjir makin meninggi akibat dampak bangunan tinggi di jalan MH Thamrin mulai dari bangunan rumah sakit, apartemen, dan gedung perkantoran yang menjamur.

Penulis: AT-TC
Editor: Red