Dalam Sepekan Gas Elpiji 3kg Langka di Pulau Jawa dan Sumatra

oleh -344 views
Jakarta, INDIKASINews — Dalam sepekan terakhir, gas elpiji tiga kilogram langka disejumlah daerah. Antara lain di Jawa Barat (Bogor, Depok), Jakarta, Jawa Timur (Malang) dan Sumatera Barat. Akibat kelangkaan ini harga eceran bahan bakar bersubsidi di tingkat pengecer melambung hingga Rp20.000 sampai Rp25.000 per tabung.
Kelangkaan ini meresahkan dan merugikan masyarakat sebagai konsumen. Banyak konsumen rumah tangga menjerit karena harus mengantri cukup lama bahkan tidak mendapatkan gas elpiji.
Kenapa elpiji 3 kilogram langka? Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menilai kelangkaan gas elpiji tiga kilogram di beberapa daerah disebabkan rentang harga yang sangat jauh antara elpiji tiga kilogram dengan 12 kilogram.
Akibat rentang harga seperti itu, banyak pengguna gas elpiji 12 kilogram yang berpindah menjadi pengguna gas elpiji tiga kilogram. Selain jauh lebih murah, gas elpiji tiga kilogram juga dianggap lebih praktis dan mudah dibawa.
Berbagai kalangan juga mencurigai, selain rentang harga yang sangat jauh, terdapat penyimpangan penyaluran gas elpiji tiga kilogram yang disubsidi. Sebagai barang disubsidi, semula pola penyaluran gas elpiji tiga kilogram bersifat tertutup.
Artinya, hanya konsumen yang berhak saja yang boleh membeli gas elpiji tiga kilogram. Namun, saat ini penyaluran bersifat terbuka atau bebas sehingga siapa pun bisa membeli. Ada inkonsistensi pola distribusi yang dilakukan pemerintah.
YLKI mencatat, tidak kurang dari 20 persen pengguna gas elpiji 12 kilogram berpindah ke tiga kilogram karena harga 12 kilogram dianggap sangat mahal sementara tiga kilogram sangat murah karena disubsidi.
Meski telah terjadi kelangkaan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menegaskan bahwa stok elpiji khususnya ukuran tiga kilogram masih dalam batas aman.
Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar mengatakan di Jakarta, Jumat, kalaupun terjadi kelangkaan di beberapa tempat, hal itu bersifat sementara yang antara lain disebabkan faktor cuaca buruk yang menghambat pengiriman LPG.
Pihak ESDM menyebut, kekurangan pasokan elpiji yang terjadi di beberapa daerah seperti Gorontalo, antara lain disebabkan oleh cuaca ekstrem. Pengiriman pasokan yang melalui laut, membuatnya menjadi terhambat Namun ini sifatnya hanya sementara.
Selain itu, Pemerintah bersama Pertamina terus mengupayakan memenuhi kebutuhan LPG untuk masyarakat Indonesia. Apabila terjadi kelangkaan, masyarakat diminta dapat melaporkannya ke call center Pertamina.
Pihak PT Pertamina (Persero) menyebutkan indikasi kelangkaan elpiji tiga kg disebabkan adanya kepanikan dari masyarakat salah satunya terkait rencana distribusi tertutup gas bersubsidi tersebut pada 2018.
Direktur Pemasaran Pertamina Muchamad Iskandar pada konferensi pers di Kantor Pusat Pertamina Jakarta, Jumat, menjelaskan dengan kepanikan tersebut, banyak masyarakat yang mengisi dua sampai tiga tabung untuk persediaan di rumah sehingga permintaan elpiji 3 kilogram meningkat pesat.
Tingginya permintaan terhadap Elpiji bersubsidi ini juga akibat penggunaan yang tidak sesuai dengan peruntukannya. Hal ini diperkuat dengan adanya temuan di lapangan bahwa gas bersubsidi ini digunakan oleh pengusaha rumah makan, laundry, genset, dan rumah tangga mampu.
Kita menyayangkan terjadinya kelangkaan elpiji ini. Publik berharap pemerintah dan PT Pertamina bisa segera mengatasinya agar masyarakat tidak semakin resah.
Tentu semua pihak, termasuk pemerintah daerah turut aktif memainkan perannya dengan melakukan pengawasan melekat pada pendistribusian barang bersubsidi ini.
Kita mendukung rencana Polri untuk menyelidiki penyebab terjadinya kelangkaan peredaran tabung gas elpiji tiga kilogram bersubsidi di masyarakat.
Tentu harapan kita warga yang mampu agar tidak menggunakan tabung gas elpiji tiga kilogram dan beralih pada tabung gas elpiji dua belas kilogram. Karena gas elpiji subsidi itu hanya untuk keluarga tidak mampu.
Selain itu, Polri harus menangkap para mafia dan siapa saja yang bermain dibalik kelangkaan elpiji tiga kg ini. Pasalnya, akibat ulah mereka masyarakat resah. (ht-in/red)
GMD Group:
Indikasinews.com
Koran Penyelidik Korupsi
Tabloid Bhayangkara Pers

Loading...

No More Posts Available.

No more pages to load.