Debat Publik I Pilgub Jatim Bersitegang Hingga Tersulut Emosi

oleh -671 views
Debat Publik I Pilgib Jatim, Paslon nomor urut 1, yakni Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak dan pasangan nomor urut 2 Saifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno (10/4/18)

INDIKASINews, Jatim — Calon wakil gubernur (Cawagub) Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak-Puti Guntur bersitegang saat debat publik pertama bertema Kesejahteraan Rakyat, Selasa (10/4/18) malam. Keduanya saling serang, bahkan hingga tersulut emosi. Akibatnya, substansi materi yang disampaikan kedua kandidat ini tidak sampai.

Situasi panas ini terjadi pada segmen kelima, saat masing-masing calon berkesempatan saling mengajukan pertanyaan dan berdebat. Saat itu, Puti yang mendapat giliran pertama langsung menyerang Emil. Puti menunjukkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tentang angka kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Trenggalek yang tinggi.

Puti menyebutkan bahwa kemiskinan di Trenggalek pada 2016 naik 0,17%. Sementara angka pengangguran di tahun 2017 juga masih mencapai 37%. “Lalu, bagaimana anda membuat program millenial job centre. Sementara kemiskinan dan pengangguran di Trenggalek masih tinggi,” tanya Puti dalam debat publik di Gedung Dyandra Convention Center di Jalan Basuki Rahmat, Surabaya.

Mendapat pertanyaan itu, Emil spontan memberi klarifikasi. Emil menganggap bahwa data BPS yang ditunjukkan Puti data lama sehingga tidak bisa dijadikan rujukan. Sebab, faktanya, lanjut Emil, sudah ada perbaikan kondisi di Trenggalek sehingga kemiskinan turun hingga 4%.

Loading...