Diduga Pihak KM Wira Glory Tak Bertanggung Jawab Atas Kematian Junilia Dalam Kapal

oleh
474 views
Junilia Korban meninggal di dalam KM WIra Glory sat dinaiki ambulan oleh para penumpang, Rabu (28/11/18).

INDIKASINews, Sibolga — Junilia (19), Warga Kelurahan Aek Raru Kecamatan Simangambat Padang Lawas, Penumpang kapal tujuan Sibolga – Gunung sitoli, ditemukan tewas di atas kapal KM Wira Glory PT Wira Jaya Logitama Lines yang hendak berlayar, (28/11/18).

Junilia meninggal dunia diduga sakit yang dideritanya, Jasad Junilia dilarikan ke rumah sakit FL Tobing Sibolga oleh para penumpang untuk memastikan penyebab korban meninggal.

Menurut keterangan yang dihimpun indikasinews.com, korban saat menaiki KM Wira Glory yang hendak berlayar ke Gunung Sitoli dalam keadaan sehat, selang beberapa menit korban diduga sudah tak bernyawa.

Dari keterangan penumpang yang tidak ingin disebutkan namanya, adanya penumpang yang meninggal tersebut pihak atau awak kapal KM Wira Glory tidak melakukan tindakan dan pengawalan ke rumah sakit terdekat, bahkan korban hanya dibawa keluar kapal untuk dibawa ke kantin yang terdapat di area sekitar.

Tiket KM Wira Glory milik korban Junilia. (Foto: indikasinews).

“Korban (Junilia-red) saat menaiki kapal dalam keadaan sehat, tak lama korban meninggal, pihak kapal pun tidak sama sekali melakukan tindakan untuk membawa korban ke rumah sakit terdekat hanya di bawa keluar kapal dan di taruh dikantin,” ungkap penumpang.

Sampai saat ini suami korban Fajaaro Bawamenewi masih kesulitan untuk membayar biaya rumah sakit yang mana tidak ada tanggung jawab dari pihak KM Wira Glory PT Wira Jaya Logitama Lines, sedangkan korban sudah membeli tiket sebagai penumpang untuk keberangkatan.

“Saya (Fajaaro Bawamenewi-red) masih binggung untuk membayar biaya rumah sakit, sedangkan dari pihak Kapal tidak mau membantu, karena uang kami sudah habis untuk membeli tiket kapal,” ujarnya.

Sambung Fajaaro, Saya berharap adanya dari pihak KM Wira Glory bertanggung jawab atas meninggalnya istri di dalam kapal yang hendak berlayar. Harapnya

Pihak KM Wira Glory PT Wira Jaya Logitama Lines diduga melanggar UU No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen serta tidak bertanggung jawab kepada korban meninggal yang mana diatur dalam UU No.17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, yang perjanjian pengangkutannya dibuktikan dengan adanya tiket. Tiket kapal laut berfungsi sebagai bukti pengangkutan penumpang.

Penulis: RL-IN
Editor: Red