Disdukcapil Kabupaten Konsel Gelar Launching ‘Kader Milenial’

oleh -57 views

INDIKASINews, Konsel — Acara Launcing bertemakan “Kader Milenial Sadar Administrasi Dukcapil Go Digital” yang diselengarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Konawe selatan (Konsel) di area Lapangan Kelurahan Punggaluku, Kecamatan Laeya, Kabupaten Konsel-Selawesi Tenggara, Kamis (19/12/19).

Kepala Disdukcapil Konsel, Nurlita Jaya, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pemutakhiran data penduduk pada tahun 2018. Dan pemutakhiran data ini telah masuk ke tahap kedua, katanya.

“Pihak kami telah melakukan pemutakhiran data, yang pertama itu dalam rangka menghadapi Pilgub Sultra 2018, sedangkan pemutakhiran data yang kedua saat menghadapi Pilpres dan Pileg 2019,” ucap Nurlita.

Dalam pemutakhiran data tersebut dilakukan pembersihan data – data penduduk yang tidak jelas. Yang mana ada penduduk yang tercatat namun tidak jelas dimana tempat tinggalnya, ada pula yang dobel nama dan NIK, serta yang telah pindah namun masih tercatat.

“Kami telah melakukan pemutakhiran dengan membersihkan data – data yang tidak jelas. Seperti dobel nama dan NIK. Ada juga yang sudah pindah. Tapi ada pula yang telah meninggal namun tidak melapor sehingga kami tidak bisa menghapus kalau sudah teregister di pusat dan tidak adanya laporan dari masyarakat,” imbuhnya.

Sementara untuk pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA) sendiri, karena zona Konsel sangat luas dan keterbatasan jumlah SDM sehingga perlu ditingkatkan. Begitu juga karena kesadaran masyarakat yang masih kurang sehingga penyerapan KIA sampai saat ini masih sedikit.

“Oleh karena itu, guna mengatasi hal tersebut, kita coba merangkul anak – anak yang berusia 10 tahun keatas agar bisa membantu dalam penyampaian informasi menyangkut masalah pelayanan administrasi kependudukan. Mereka ini disebut sebagai Kader Milenial,” jelas Nurlita.

Karena di era sekarang ini yang merupakan jaman milenial sehingga semua pelayanan sudah berbasis digital, untuk masuk pada segmen tersebut maka Disdukcapil Konsel merangkul generasi milenial yang merupakan anak usia sekolah dan remaja yang telah terbiasa dengan media sosial.

Kegiatan launching tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Konsel, Surunuddin Dangga dan dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Konsel, Armal, Kadis Pendidikan Konsel, Saifuddin, Kadis Pendidikan Sultra, Asrun Lio, Ketua KPU Konsel, Aliudin, Kabag Humas Konsel, Gunawan Syah dan para pimpinan OPD lingkup Konsel.

Penulis: AML-IN
Editor: Red

Loading...