H-4 Lebaran 2018, Siang Ini Ruas Tol Cipali Terpantau Padat Merayap

oleh -325 views
Gerbang Tol Palimanan

INDIKASINews, Jabar — Memasuki H-4 arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, ruas Tol Cikoko-Palimanan (Cipali) terpantau padat merayap, Senin (11/6/18) siang. Membeludaknya kendaraan pemudik dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah (Jateng), membuat arus lalu lintas di jalur bebas hambatan tersebut mengalami kemacetan panjang.

Pantauan indikasinews.com, ribuan kendaraan terjebak kemacetan hingga nyaris tak bergerak. Selain penumpukan kendaraan, adanya aktivitas di rest area pada kilometer (Km) 85, menjadi faktor lain penyebab arus lalu lintas padat merayap.

Titik kemacetan ribuan kendaraan tepatnya terjadi di Km 73, Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat (Jabar). Arus kendaraan pemudik yang didominasi kendaraan pribadi mengular hingga belasan kilometer. Tampak laju kendaraan merayap dan sesekali terhenti.

Polisi yang mengatur lalu lintas menggunakan roda dua dan roda empat langsung menyisir dan berusaha untuk mengurai kemacetan. Diprediksi arus kendaraan pemudik masih akan terus mengalir dari Jakarta seiring masih banyak warga yang belum melakukan perjalanan mudik.

Banyaknya kendaraan besar seperti bus dan truk angkutan barang yang berjalan dari arah yang sama, membuat arus bertambah ramai dan padat. Kondisi ini diperkirakan masih akan terus bertahan hingga mendekati lebaran. Bahkan, akan terjadi peningkatan pada H-2 dan H-1 lebaran, seiring warga Jakarta yang bekerja sebagai karyawan swasta memasuki cuti libur lebaran.

Sebelumnya, Kaposko Terpadu Cikopo sekaligus Kabag Bin Sopnal Ditlantas Polda Jabar AKBP Asep Pujiono. mengatakan, sudah menempatkan posisi personel di titik rawan kemacetan, khususnya di Km 57, 102, 130, dan 166.

“Kami melihat situasi arus di sekitaran rest area, apabila roda masih berputar, maka kami pending dan lurukan. Selain itu kami juga menempatkan unit PJR setiap tiga hingga lima kilometer di titik macet dan tak henti mengimbau pemudik untuk berhati-hati dan istirahat jika kelelahan,” katanya.

Penulis: DK-IN
Editor: Red

Loading...