Hari Ini Organisasi Kewartawanan PPWI dan SPRI Resmi Menggugat Dewan Pers

oleh -1.412 views

INDIKASINews, Jakarta — Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) dan Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) melalui kuasa hukumnya, Dolfie Rompas, SH, MH & Partner resmi mendaftarkan gugatan PMH (Perbuatan Melawan Hukum) Ketua Dewan Pers ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. (19/4/18).

“Sekitar pukul 10.00 WIB kuasa hukum kita akan mendaftarkan gugatan PMH terhadap Dewan Pers,” kata Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA kepada Redaksi media ini melalui WhatsApp-nya, Rabu (4/18).

Wilson juga mengajak para media yang bernaung atau bergabung dalam organisasi kewartawanan PPWI untuk meliput di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jl. Bungur, Gunung Sahari, Jakarta.

“Kawan-kawan media silahkan liput besok ke PN Jakarta Pusat ya,” imbuh lulusan PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 ini.

Sebagaimana diketahui, Wilson Lalengke bersama Ketua SPRI Heinjte Mandagi akan menyertai kuasa hukumnya untuk mendaftarkan gugatan dugaan perbuatan melawan hukum Dewan Pers terkait keputusan pemberlakuan kebijakan verifikasi media dan pelaksanaan uji kompetensi wartawan ke Pengadilan Negeri.

Secara terpisah, Heinjte menambahkan informasi bahwa usai pendaftaran gugatan, juga direncanakan akan diadakan konferensi pers bertempat di lobby Pengadilan Negeri Jakarta Pusat oleh kuasa hukum bersama para penggugat.

“Tentu dukungan dari rekan pekerja media, secara khusus para jurnalis yang terdampak langsung dengan kebijakan Dewan Pers selama ini, amat diperlukan,” ungkap Heinjte.

Dewan Pers Digugat Perbuatan Melawan Hukum

Protes keras insan pers atas kebijakan dan regulasi yang dibuat oleh Dewan Pers kian deras mengalir dari berbagai penjuru tanah air. Gerakan protes itu makin memuncak akibat maraknya tindakan kriminalisasi terhadap pers di berbagai daerah namun Dewan Pers terlihat diam saja, bahkan terkesan ikut mendorong agar para jurnalis kritis dipenjarakan.

Menyikapi permasalahan ini, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Serikat Pers Republik Indonesia Hence Mandagi dan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Persatuan Pewarta Warga Indonesia Wilson Lalengke telah mengambil langkah hukum sebagai upaya mengakomodir aspirasi para wartawan dan media dari berbagai daerah yang merasa dirugikan oleh kebijakan dan aturan yang dibuat oleh Dewan Pers. Pada Kamis. 19 April 2018, kedua pimpinan organisasi pers ini resmi melayangkan gugatan Perbuatan Melawan Hukum terhadap Dewan Pers di kantor Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan menunjuk tim kuasa hukum yang diketuai Dolfi Rompas, SH, MH.

Loading...