Istri Anies Baswedan Jadi Bunda PAUD, Pemprov DKI Kasih Hibah Rp63 Miliar

oleh -210 views
Jakarta, INDIKASINews — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Pemprov DKI telah menganggarkan belanja hibah untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) sebesar Rp 63 miliar dalam rancangan APBD DKI 2018. Pada saat ini, PAUD DKI Jakarta dipimpin oleh Fery Farhati Ganis, istri Anies Baswedan. Fery dikukuhkan sebagai Bunda PAUD Provinsi DKI Jakarta pada 16 November 2017.
Menurut Anies, para pendidik PAUD harus diapresiasi karena tahap ini sangat penting bagi pendidikan anak sebelum dewasa. “Karenanya, untuk pertama kalinya kami mengalokasikan dana Rp 63 miliar untuk hibah bagi PAUD di seluruh Jakarta,” ujar Anies pada acara peringatan Hari Guru Nasional di Jembatan Banjir Kanal Timur, Jakarta Timur, Ahad, 26 November 2017. Acara itu diadakan oleh Bunda Pintar Indonesia.
Kehadiran Anies tersebut sekaligus memperingati Hari Guru Nasional. Ia bercita-cita Jakarta dibangun dengan semangat gotong-royong sehingga melibatkan semua pihak, termasuk guru PAUD. Namun, selama ini Anies menuturkan PAUD dibiayai oleh dana mandiri.
Hal yang membuat Anies miris adalah ketika ia mendapat laporan dari seorang guru bahwa bangunan PAUD masih banyak yang lebih buruk dari pada pos pengamanan atau satpam. “Kami ingin agar pos satpam-nya bagus, PAUD-nya juga bagus. Karena inilah yang mencerminkan kita,” ujar Anies.
Berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 28, PAUD ditempatkan sejajar dengan pendidikan lainnya. Jalur PAUD meliputi jalur formal pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) dan Raudathul Athfal (RA), serta jalur non-formal seperti Kelompok Bermain, Penitipan Anak dan bentuk lain yang sejenis seperti Pos Pendidikan Anak Usia Dini.
Sebelumnya Anies pernah menyebutkan investasi pendidikan anak usia dini tidak akan bisa dirasakan besok atau lusa. Melainkan, investasi pendidikan yang paling besar timbal baliknya atau return di masa mendatang. Mengutip ucapan penerima nobel ekonomi, Anies Baswedan mengatakan timbal balik PAUD lebih besar ketimbang jenjang pendidikan lainnya.
Pada Rancangan APBD DKI 2018, pemerintahan Anies Baswedan menganggarkan belanja hibah sebesar Rp 1,7 triliun yang dibagikan kepada 104 lembaga dan ormas. Selain PAUD, penerima hibah lain adalah Resimen Mahasiswa, Kodam Jaya, Laskar Merah Putih, Bamus Betawi dan sejumlah lembaga lain.(tmp-in/red)

Loading...