Jelang Natal dan Tahun Baru, Berikut Jalan Tol Berbayar dan Fungsional di Pulau Jawa

oleh
125 views
Arus Lalu Lintas. (doc)

INDIKASINews, Jakarta — Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pandu Yunianto mengatakan bahwa untuk memuluskan transportasi menjelang Natal dan Tahun Baru. Pasalnya menjelang Natal dan Tahun Baru tersebut sarana transportasi seperti jalan tol menjadi sangat penting.

Menurutnya pemerintah sudah melakukan berbagai persiapan menyelesaikan pembangunan jalan tol. Beberapa jalan tol bahkan sudah berbayar meski sebagian masih fungsional dan di bebaskan.

” Semarang, Solo sampai ke Surabaya itu sudah bisa digunakan masyarakat namun ada yang berbayar dan ada yang masih dibebaskan,” kata Pandu di Jakarta (26/11).

Adapun beberapa jalan tol yang berbayar meliputi, jalan tol Semarang-Solotigo, jalan tol Kertosuro-Seragen dan Sragen-Ngawi yang sudah berbayar mulai saat ini. Sementara itu, Jalan tol Pemalang-Semarang, Solotigo-Kerto Suro masih dibebaskan.

“Sampai sekarang yang sudah diresmikan dari Pejagan sampai Pemalang sudah diresmikan. Nah kemudian Pemalang-Semarang masih fungsional sampai hari ini belum ada keputusan Semarang-Solotigo berbayar nanti Solotigo-Kartosuro fungsional kemudian yang Kertosuro-Seragen berbayar. Seragen-Ngawi funsional,” imbuh dia.

Disisi lain, menurut Pandu kendaraan Barang untuk beberapa waktu menjelang Natal dan Tahun lalu di larant melewati jalur tol. Beberapa jalan tol yang tidak boleh dilalui Kendaraan muatan antara lain, Jalan tol Jakarta-Cikampek, Cikampek-Cileunyi dan Jakarta Merak dan sebaliknya.

” Dilarang memasuki jalan tol khususnya Jakarta-Cikampek dan Cikampek-Cileunyi dan Jakarta-Merak dan sebaliknya,” pungkasnya.

Penulis: AN-AC
Editor: Red