Jokowi Pastikan Pembangunan Lapas Khusus Teroris Rampung 3-4 Bulan Lagi

oleh -446 views
Foto: Presiden Joko Widodo

INDIKASINews, Jakarta — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah segera merampungkan pembangunan lapas berkeamanan maksimal (maximum security prison) untuk narapidana kasus terorisme, dalam tiga bulan ke depan. Menurut dia, lapas baru itu berada di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

“Sudah ada, nanti 3–4 bulan lagi selesai. Super maksimum, tapi di Nusakambangan,” kata Jokowi di Jakarta, Rabu (23/5/18).

Dia menjelaskan, lapas berkeamanan maksimal yang dibangun di Nusakambangan itu memiliki 500 kamar. Pembangunan lapas khusus untuk napi teroris itu menurut Jokowi sudah dilakukan sejak lama dan kini sudah dalam tahap penyelesaian akhir alias finishing.

Sementara, terkait usulan Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Tito Karnavian yang meminta pembangunan lapas khusus teroris di Cikeas, Jokowi menyebut itu masih dalam proses perencanaan. “(Usulan Tito) itu masih dalam proses engineering, belum diputuskan,” ucap kepala negara.

Sebelumnya, Tito mengusulkan adanya penambahan lembaga pemasyarakatan (lapas) dengan keamanan maksimal untuk para napi kasus terorisme. Menurut kapolri, kondisi lapas yang ada sekarang ini sudah tak memadai lagi.

Loading...