Kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Sukabumi Digeledah Tim Saber Pungli

oleh -1.286 views
Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi

INDIKASINews, Sukabumi — Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat di Kecamatan Cisaat digeledah jajaran Tim Saber Pungli dan Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Sukabumi Kota, Senin (5/3/18).

Belum diketahui berapa orang yang diamankan berikut barang buktinya. Soalnya, sejauh ini penggeledahan dan pemeriksaan masih terus dilakukan petugas.

Hanya saja, terlihat petugas memeriksa ruang arsip. Bahkan, petugas juga menemukan sejumlah uang pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu. Untuk nominalnya belum diketahui besarannya.

Kasatreskrim Polresta Sukabumi, AKP Budi Nuryanto belum bisa berkomentar lebih jauh terkait penggeledahan itu. Namun, dia memastikan bahwa penggeledahan ini lantaran banyaknya informasi kaitan pungli dan permintaan uang dari sejumlah pemohon E-KTP oleh oknum pegawai Disdukcapil.”Kami masih gelar pemeriksaan,” singkatnya.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sukabumi, Sofyan Effendy mengaku kaget dengan adanya kabar Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Tim Saber Pungli dan Satreskrim Polres Sukabumi Kota. “Saya baru mendapatkan info. Belum mendapatkan info lain-lain,” kata Sofyan.

Sofyan menegaskan, selama menjabat sebagai Kadisdukcapil hampir lima tahun sudah berusaha mengikis praktik pungli di dinas yang dipimpinnya. “”Saya belum tahu siapa oknum yang melakukan pungli. Yang saya tahu, selama ini sudah mempunyai Standar Operasinal Pelayanan (SOP),” tandasnya.

Penulis: SL-PK
Editor: Red

Loading...