Kapolri: Saya Tidak Segan Akan Mencopot Kapolda dan Kapolres Yang Tak Mampu Mencegah Kerusuhan

oleh
542 views
Foto: Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian

INDIKASINews, Yogya — Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengusulkan istilah tahun politik yang saat ini ramai dibicarakan diganti dengan pesta demokrasi dalam upaya untuk memberikan ketenangan serta kenyamanan sejumlah pihak terutama pengusaha dan investor.

“Istilah tahun politik sepertinya bisa memberikan rasa menakutkan bagi pengusaha, padahal saya yakin pelaksanaan Pilkada serentak akan berjalan baik,” kata Tito saat Dialog Nasional ke-8 Indonesia Maju di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Minggu (11/3/18).

Hadir dalam dialog itu Menhub Budi Karya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, serta Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Kapolri mengatakan penyelenggaraan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan tahun ini tidak seharusnya ditakuti oleh pengusaha dan investor yang berusaha di Indonesia, karena situasi keamanan dijamin kondusif.

Pihak Kepolisian, katanya, telah memetakan kondisi keamanan di seluruh daerah dan dirinya juga telah memerintahkan kapolda dan kapolres untuk terus memantau dengan jaringan intelijen yang ada.

“Kalau tidak menjalankan perintah, saya tidak segan akan mencopot yang tak mampu mencegah kerusuhan,” kata Tito dikutip Antara.