Komnas HAM Kesal Kepada Pemilik Pabrik Kembang Api Yang ‘Menewaskan’ 47 Orang

oleh -203 views
Tangerang, INDIKASINews — Pihak Komnas HAM yang juga mendatangi TKP mengaku kesal, lantaran pihak pemilik pabrik yang ternyata melanggar aturan, yang kemarin terbakar hingga ‘menewaskan’ 47 orang.
Komisioner Komnas HAM, Sianne Indriani mengecam keras adanya perekrutan pekerja dibawah umur yang didominasi oleh perempuan di pabrik petasan PT Panca Buana Cahaya Sukses, Kosambi, Kabupaten Tangerang.
“Saya perhatikan ini ada anak dan sebagian perempuan yang tidak ada perlindungan. Intinya kita jelas anak nggak boleh dipekerjakan, perempuan juga punya standar hak pekerja yang harus ada,” ujar Sianne di lokasi pabrik petasan, Jumat (27/10/17).
Sesuai catatan yang dimilikinya, terdapat sejumlah pekerja berusia belasan tahun yang menjadi korban. Hal tersebut diketahuinya saat mewawancarai para korban yang sedang menjalani perawatan di RSUD Kabupaten Tangerang.
Sianne menjelaskan, ada banyak pelanggaran yang terjadi di pabrik petasan tersebut. Mulai dari pelanggaran keselamatan kerja, ketenagakerjaan, dan memperkerjakan anak dibawah umur.
“Bisa dibilang ini tragedi ketenagakerjaan. Digaji sebulan paling Rp2 juta, tidak ada uang kesejahteraan, uang cuti, kesehatan, perusahaan tidak mau ambil resiko,” bebernya.(ht-red)

Loading...