Lagi, Oknum Lurah Kalibaru Terjaring OTT Tim Saber Pungli

oleh -115 views
ist

INDIKSINews, Depok — Lagi-lagi terjaring OTT, kini Oknum Lurah Kalibaru, AH, terjaring Operasi tangkap Tangan (OTT) Tim Sabar Pungli Polresta Depok karena melakukan pungli dalam proses pembuatan surat tanah Akte Jual Beli (AJB).

Kapolresta Depok Kombes Didik Sugiarto mengatakan petugas menerima laporan masyarakat ada oknum lurah mencoba melakukan pungli dalam proses pembuatan AJB.

“Jadi AH ini telah kita amankan pada Kamis (14/2/19) siang di kantornya. Dia masih dalam proses penyelidikan terkait dugaan OTT terhadap menjadi saksi dalam proses pembuatan surat AJB,” ujarnya, Sabtu (16/2/19).

Menurutnya, petugas menyita barang bukti AJB yang telah ditandatangi oknum lurah itu. Juga uang Rp5 juta, juga buku-buku dokumen.

Ojnum tersebut bisa dijerat dengan dugaan tindak pidana Pasal 12 E UU No.20 Tahun 2001 dengan atau perubahan No.31 Tahun 1999 tentang pidana korupsi. Ancamannya di atas 5 tahun penjara.

Selain itu, dikenakan ketentuan tentang PP No.24 tahun 2016 bahwa PPAT, PPATS, dan saksi biaya tidak boleh melebihi 1 persen. “Tapi oknum lurah menaikkan biaya sampai 3 persen,”

Penulis: Angg-PK
Editor: Red