Mengenal Olahraga Paddling Yang Akan Diperagakan Menteri Susi

oleh -953 views
Olahraga Paddling

INDIKASINews, Jakarta — Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan berlomba dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga dalam Festival Danau Sunter, Minggu, 25 Februari 2018. Susi akan memacu stand up paddle boarding, sedangkan Sandiaga akan berenang.

Olahraga apa sebenarnya Stand up paddle boarding yang akan diperagakan Menteri Susi dalam lomba nanti?

Olahraga ini kerap disebut paddling. Menurut Wikipedia, olahraga ini lahir di Hawaii pada era 60-an dan merupakan modifikasi dari surfing.

Tak seperti surfing yang hanya berdiri di papan selancar (board) sambil menunggu ombak, dalam paddling atlet bisa menggerakkan papannya dengan cara mendayung sambil berdiri. Dayung dipakai pun biasanya lebih panjang dari yang dipakai untuk kano.

Dalam perkembangannya, olahraga tak hanya dilakukan di laut, tapi juga di danau dan sungai.

Olahraga ini mulai merambah Amerika Serikat pada 2004. Perkembangannya pun sangat pesat. Pada 2013, olahraga ini dilaporkan menjadi aktivitas outdoor dengan jumlah pemula terbanyak di negara itu.

Olahraga ini tidak gampang dilakukan. Pelaku perlu memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan diri untuk berdiri di atas papan seluncur. Juga harus memiliki kekuatan untuk menggerakkan dan mengarahkan papan dengan kayuhan dayung.

Menteri Susi tampaknya cukup mahir melakukan olahraga ini. Karena itulah seorang atlet ski air nasional, Ade Hermana, menjagokan dia untuk memenangi duel dengan Sandiaga Uno. “Dayung atau paddling pasti menang daripada berenang. Berenang lebih capek,” kata dia.

Penulis: AH-TC
Editor: Tim

Loading...

No More Posts Available.

No more pages to load.