Oknum Kades Air Gemuruh Muara Bungo-Jambi Diduga Korupsi Dana Desa

oleh -527 views
Papan Proyek Rehab Kantor Rio Air Gemuruh mengunakan Dana Desa.

INDIKASINews, Muara Bungo — Oknum Kades Air Gemuruh, Kecamatan Bathin III Kabupaten Muara Bungo-Jambi ramai di bicarakan oleh berbagai kalangan masyarakat Muara Bungo jambi, pasalnya RIO (Kepala Desa) Air Gemuruh sangat susah dihubungi oleh masyarakat maupun media untuk mempertanyakan laporan pertanggungjawaban tentang pembangunan kantor kepala desa yang dibangun sejak tahun 2017 sampai 2019 belum juga terialisasi tentang pembangunannya.

Dana yang diperoleh untuk pembangunan kantor desa Air Gemuruh itu sendiri diambil dari Dana Desa yang berasal dari APBN sebanyak Rp 624 juta pada tahun 2017 dan waktu pengerjaan selama 90 hari kalender, seharus nya ini sudah rampung dalam pembangunan nya,

‌Menurut penuturan warga yang engan disebutkan namanya mengatakan kepada indikasinews.com “Pembangunan rabat beton sepanjang 500 meter menghabiskan biaya kurang lebih Rp500jt, itu pun sarat masalah karena baru dikerjakan sepanjang lebih kurang 200 meter di kawasan BTN Roni Permai muara Bungo Jambi dan termasuk kantor Rio Desa Air Gemuruh Muara Bungo Jambi ini sampai saat ini belum juga selesai dalam pembangunannya itu,” ungkap warga.

Sambung warga, Janji politik kades pun menjadi pegangan warga, jikalau saya tidak bisa menyelesaikan pembangunan Rabat Beton yang di BTN Roni permai pada tahun 2018, maka saya siap mengundurkan diri jadi Datuk Rio atau Kepala Desa. ujarnya.

Penuturan narasumber (warga-red)  dibenarkan juga oleh warga setempat Ahmad Jais.SH “Benar Desa Air gemuruh itu syarat masalah, baik Dana desa dan dana lainnya termasuk pemilihan BPD yang syarat KKN,” Tutur Ahmad Jais SH.

Sementara Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMD kabupaten Bungo Propinsi Jambi,Willy Abdurahman  membenarkan perihal tersebut, ”Benar bang, kemaren sudah di bentuk tim oleh inspektorat terkait masalah Desa Air Gemuruh tersebut bang,” ungkap Wily.

Ditanya soal Pemilihan BPD yang di sinyalir syarat masalah Wily mengatakan ”Soal pemilihan BPD dusun Air Gemuruh adalah masalah Internal bang, setelah Camat mengajukan surat pemilihan BPD kami lanjutkan dengan membuat SK nya bang,” tegasnya.

Sementara PLT Kadis PMD Kabupaten Bungo Taufik Hidayat SE di konfirmasi via telpon perihal dugaan syarat masalah Dana Desa Air Gemuruh tidak memberikan jawaban , begitu juga hal yang senada yang disampaikan oleh H.Amrizal Kepala Inspektorat Muara Bungo Jambi.

Sedangkan oknum Kades Air Gemuruh yang dihubungi oleh indikasinews.com via telepon selular mengatakan “Media jangan usil tentang pembangunan kantor Desa Air Gemuruh Kabupaten Muara Bungo Jambi. katanya.

Warga meminta kepada instasi dan aparat hukum untuk menindaklanjuti dugaan penyimpangan Dana Desa Air Gemuruh, harapnya.

Penulis: AJI-IN
Editor: Red