Omicron di Indonesia Terus Merebak, Kemenkes: Umumnya Tak Bergejala atau Gejala Ringan

oleh -45 views
Foto: Ilustrasi

INDIKASINews, Jakarta — Omicron di Indonesia Terus Merebak, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menyebut dari 68 kasus baru yang terkonfirmasi Omicron umumnya tak bergejala.

Kasus baru 68 itu dilaporkan Kementerian Kesehatan, Jumat (31/12/21). Mereka adalah pelaku perjalanan keluar negeri dengan 11 orang di antaranya adalah warga negara asing (WNA).

“Dari 68 kasus konfirmasi Omicron tersebut, sebanyak 29 orang tidak memiliki gejala, 29 orang sakit dengan gejala ringan, 1 orang sakit dengan gejala sedang, dan 9 orang lainnya tanpa keterangan,” katanya dikutip Minggu (2/1/2022).

“Semua kasus merupakan Pelaku Perjalanan Luar Negeri, dengan asal negara kedatangan paling banyak dari Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat,” katanya.

Nadia menyampaikan berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dari penghitungan prediksi peningkatan kasus akibat Omicron dibandingkan dengan Delta dan dengan mempertimbangkan tingkat penularan dan risiko keparahan, maka didapat hasil bahwa kemungkinan akan terjadi peningkatan penambahan kasus yang cepat akibat Omicron.

peningkatan kasus tersebut diiringi dengan tingkat penggunaan tempat tidur rumah sakit atau ICU yang lebih rendah dibandingkan dengan periode Delta.

Ini berarti varian Omicron memiliki tingkat penularan yang tinggi. Tetapi, risiko sakit berat yang rendah. (HT-Red)

Loading...

No More Posts Available.

No more pages to load.