PDAM KAB. KUNINGAN PERINGATI HUT YANG KE 27

oleh
204 views
Kuningan, INDIKASI News — PDAM Tirta Kemuning Kabupaten Kuningan tanggal 01 april 2015 memperingati Hut yang ke 27 yang bertempat di kantor PDAM Kab Kuningan dalam acara tersebut hadir pula, Wakl Bupati Kab Kuningan H Acep Purnama SH, MH. Dandim 0615 Kab Kuningan Letkol CZI Didin Kamaludin S.IP. 
Sekretaris Daerah Kab Kuningan Drs H. Yosep Setiawan M.si serta kepala Skpd dan hadir pula Kepala BUMN/BUMN, Direktur PDAM tetangga yaitu dari Majalengka, Indramayu, dan Cirebon. 
Dalam sambutannya Bupati Kab Kuningan Hj. Utje Ch. Suganda, S.Sos Menyampaikan, dengan diperingatinya Hut yang ke 27 oleh PDAM Tirta Kemuning Kab Kuningan, semoga dengan bertambahnya usia semakin bertambah pula pengalaman dan pelajaran yang dapat di ambil sehingga seluruh jajaran Manajemen PDAM dapat lebih meningkatkan Kinerja dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.
Saya melihat hasil manajemen yang diperoleh PDAM secara bertahap perubahan dan perbaikan yang telah dilakukan telah memperoleh hasil hal ini terbukti dengan bertambahnya jumlah sambungan langganan PDAM ini menandakan bahwa kepercayaan masyarakat kepada PDAM sudah semakin Baik karna berdasarkan audit kantor akuntan Publik manajemen Pdam telah mampu menghasilkan Laba, mudah mudahan keberhasilan yang telah diperoleh PDAM Tirta Kemuning dapat memicu dan member semangat kepada perusahaan daerah lainya. “ujarnya.
Saya sangat meng Apresiasi terhadap perjuangan dan semangat terhadap jajaran manajemen PDAM terutama untuk direkturnya yaitu Deni Erlanda, SE, MSI, karna keuletan dan inovasinya kinerja PDAM Tirta Kemuning Kabupaten Kuningan bisa terus meningkat karena sesuai informasi tahun 2014. “tambahnya.
Sesuai Audit kantor akuntan publik PDAM Tirta Kemuning mampu meraup Laba sebesar Rp 1,2 Milyard,
Ia melanjutkan, saya berharap kiranya langkah dan strategi yang telah dilakukan ini dapat terus dipertahankan dan di tingkatkan sehingga PDAM Tirta Kemuning sebagai badan usaha milik daerah tertua yang telah beroperasi sejak era BPAM Tahun 1979 dan bermetamarfosis menjadi PDAM tahun 1988 menjadi sebuah perusahaan yang mandiri yang mampu membanggakan baik bagi pemerintah daerah sebagai orang tuanya maupun bagi perusahaan daerah lainnya sebagai adik kandungnya, kami dari jajaran pemerintah.
Daerah akan terus membantu dan mendukung dan mengembangkan pelayanan dan peningkatan kinerjanya karna kami memaklumi bahwa pemenuhan kebutuhan terhadap air bagi masyarakat merupakan sebuah hal utama yang perlu mendapat perhatian sesuai dengan amanat undang undang karna air adalah kebutuhan pokok. “Paparnya” 01/04
Deni Erlanda, SE, MSI selaku Direktur PDAM Tirta Kemuning Kabupaten Kuningan dalam sambutannya ia mengatakan, menginjak usia ke 27 pada tahun 2015 ini dengan mengerahkan segala kemampuan di atas keterbatasan yang kita miliki sebuah kebanggaan bagi kita bersama bahwa PDAM Kabupaten Kuningan sebagai rumah kita yang kedua, rumah tempat kita bergantung beribadah mencari rejeki Alhamdulillah telah mampu melayani kebutuhan masyarakat akan air minum bagi 36 ribu pelanggan yang sama-sama di raih melalui perjuangan yang tidak kenal lelah. Ujarnya.
Dahulu dengan keterbatasan prasarana yang di miliki, betapa sulitnya para pendahulu kita memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. Sebagai mana di ketahui bersama bahwa awal berdirinya BPAM kita hanya melayani sekitar 500 unit sambungan rumah, setelah 9 tahun kemudian pada saat PDAM berdiri jumlah pelanggan baru PDAM sekitar 4000 unit sambungan rumah dan setelah 20 tahun PDAM berdiri yaitu pada tahun 2008 jumlah pelanggan mencapai 18.500 unit, dalam kurun waktu 7 tahun berikutnya jumlah elanggan kita saat ini sudah berlipat menjadi 36.500 unit inilah bukti sejarah dan perjuangan bersama yang harus di banggakan dan di tingkatkan
Sebagai rasa sukur pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pegawai baik yg sudah pensiun maupun yang masih berkerja di PDAM terutama para pemimpin yang telah merintis kemajuan PDAM Kab Kuningan sebelumnya, hari ini saya sebagai Pemimpin siap mengambil tongkat estapet melanjutkan perjuangan walaupun tantangan dan hambatan kedepan akan semakin berat, sulit dan semakin berpariasi karna itu di perlukan evaluasi lebih dini agar pemenuhana kebutuhan dapat berjalan secara optimal
Sebagai gambaran saat ini kita telah membangun IPA SURAKATIGA dengan kapasitas 35 liter/detik, ini menjadi tantangan kita untuk dapat memperluas dan menambah cangkupan.
Bagaimana bentuk dan metode pencapaian targetnya harus kita dukung bersama sama agar semua pegawai mampu dan mau bekerja sama sama menerpkan setrategi pencapaian target dengan penilaian terukur baik secara opersional maupun cooperate dengan metode seperti ini akan terlahir dan tercipta persaingan sehat
Adapun kepercayaan Pemerintah Daerah kepada PDAM tahun ini cukup mengembirakan, tahun 2014 kita mendapat bantuan untuk penurunan NRW sebesar 700 juta untuk mengganti pipa ACF dari SMPN 1 samapai dengan Bunderan Cijoho tahun 2015 meningkat menjadi 1,4 milyar di tambah dengan bantuan APBD Propinsi dan juga APBN dan program lainnya program hibah air minum yang sebelumnya dari hibah Pemerintahan Australia berlanjut pada kepercayaan Pemerintah Pusat dengan memberikan Program Hibah Air Minum yang bersumber dari dana APBN mulai tahun 2015 sampai tahun 2019. Dan untuk tahun 2015 kita mendapat hibah untuk air minum dari APBN sebanyak 2000 unit sambungan rumah atau setara dengan Rp 6 Miliyar, tinggal kesiapan kita bagaimana dan kemana kita manfaatkan air tersebut seoptimal mungkin.
Mari kita renungkan bersama bahwa air, dimanapun, kapanpun dan dalam keadaan kondisi seperti apapun adalah unsure utama yang dibutuhkan manusia, untuk itu janganlah kita pernah lelah dan menyerah juga pasrah karna didepan tantangan dan harapan telah menanti, “ paparnya” (tmk)