Pemkab Tanjung Jabung Barat Gelar Upacara Peringatan Hari K3 Tahun 2018

oleh -267 views
Foto: Istimewa Fatthudin

INDIKASINews, Kualatungkal — Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Pemkab Tanjabbar) Provinsi Jambi, Senin (19/2/18) pagi, menggelar upacara peringatan hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2018. Selain aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Tanjabbar, upacara juga diikuti personel TNI dan Polri.

Bupati Tanjabbar, Dr. Ir. H. Safrial MS, yang bertindak sebagai inspektur upacara, menyampaikan sambutan tertulis Menteri Ketenagakerjaan Kerja Republik Indonesia, Hanif Dhakkri. Hanif dalam sambutannya yang dibacakan Safrial, menyampaikan peringatan Hari K3 tahun 2018 ini merupakan tahun ke 4 negara Indonesia peringati Hari K3.

Ia menyampaikan, berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan tahun 2015, telah terjadi kecelakaan kerja sebanyak 110.285 kasus, sedangkan tahun 2016 sejumlah 105.182 kasus, sehingga mengalami penurunan sebanyak 4,6%.

Sedangkan sampai Bulan Agustus tahun 2017 terdapat sebanyak 80.392 kasus. Salah satu penyebab kecelakaan kerja tersebut adalah belum optimalnya pengawasan dan pelaksanaan K3 serta perilaku K3 di tempat kerja.

“Dalam rangka mendorong terlaksananya perlindungan K3 yang efektif dan efisien, meningkatkan pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, maka upaya yang paling tepat adalah menerapkan Sistem Manajemen K3 (SMK3) sebagaimana amanat Pasal 87 Undang undang No.13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan telah diatur pula dalam Peraturan Pemerintah No.50 tahun 2012,” kata Safrial saat membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan.

Ditambahkannya, pemerintah telah melakukan banyak hal dalam rangka meningkatkan K3, antara lain penyusunan dan oenyempurnaan Undang Undang K3, meningkatkan pengawasan bidang K3, meningkatkan peran masyarakat, serta memberikan penghargaan bidang K3 kepada perusahaan.

“Indonesia juga turut berperan dalam forum internasional terkait K3, serta pembentukan unit reaksi cepat pengawas ketenagakerjaan,” tabdasnya.

Upacara gabungan diikuti oleh Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Forkopimda, Pejabat Eselon II, III, dan IV, PNS dan TKK Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat TNI, dan Polri.

Penulis: Fathuddin-Tim
Editor: Tim

Loading...