Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia di Kota Tangerang Tahun 2018

oleh -1.055 views
PERINGATAN HARI TUBERKULOSIS SEDUNIA DI KOTA TANGERANG TAHUN 2018

INDIKASINews, Tangerang — Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) Tahun 2018pada setiap tanggal 24 Maret bertemakan “Peduli TBC, Indonesia Sehat” melalui aksi “Temukan Tuberkulosis Obati Sampai Sembuh (TOSS TBC)”, dengan ini kami harap Saudara dapat melakukan kegiatan-kegiatan sebagai berikut :

1. Gerakan penemuan kasus TBC secara aktif integrasi dengan program Cageur Jasa serempak di 104 Kelurahan
Gerakan ini serempak dilakukan oleh Puskesmas dengan melibatkan kader kesehatan, dilaksanakan mulai tanggal 12 – 17 Maret 2018 dengan target 200 pintu per kelurahanuntuk mengedukasi, menemukan orang terduga TB dan dirujuk ke Puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan dahak..
Hasil kegiatan dilaporkan paling lambat tanggal 20 Maret 2018ke Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menggunakan format laporan sebagaimana terlampir.

2. Penemuan kasus TBC secara aktif kolaborasi dalam TB-HIV, TB-DM, TB-MTBS (Anak), TB-Gizi dan TB-Bumil (akSI eliMINasi TuberkuLosis/ SIMINTUL)
Penemuan kasus TBC dilaksanakan melalui pemeriksaan skrining pada kasus HIV, kasus Diabetes Mellitus, kasus TBC pada anak, kasus gizi kurang dan pada ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya.

3. Kampanye TOSS TBC (Temukan Obati Sampai Sembuh Tuberkulosis)
Kampanye TOSS TBC (Temukan Obati Sampai SembuhTuberkulosis) dilaksanakandengan menyebarluaskan pesan tersebut kepada pengunjung puskesmas selama bulan Maret 2018 melalui media penyuluhan

4. Pengembangan layanan TB DOTS di 10 Rumah Sakit

5. Pengembangan layanan satelit TBC Resisten Obat di 2 Puskesmas (PKM Batuceper dan PKM Ciledug)

6. Pengembangan layanan Tes Cepat Molekuler di 2 Rumah Sakit (RSU Kota Tangerang dan RS Awal Bross)

7. Pembentukan PAguyuban peDULI TBC (PADULI TBC) di masing-masing wilayah Kecamatan
Paguyuban peduli Tuberkulosis (PADULI TBC) merupakan kelompok masyarakat yang peduli dengan tuberkulosis beranggotakan mantan penderita TBC dan atau keluarganya.

Sumber:  Dr. Hj. Indri Bevy (Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendaian Penyakit), Dr. drg. Sigit Wardoyo, M.Kes

Penulis: Dv/Jm-ADV
Editor: Red

Loading...

No More Posts Available.

No more pages to load.