Petugas Desmigratif Seluruh Indonesia Siap Berantas Calo Calon TKI Ilegal

oleh -179 views
Jakarta, INDIKASINews — Minimnya informasi tentang bermigrasi yang benar serta lamanya proses pengurusan dokumen, menjadi penyebab terjadinya pengiriman TKI illegal dan kejahatan perdagangan orang
“Nah, dengan mendekatkan layanan migrasi dan info pasar kerja di luar negeri secara online di desa-desa kantong TKI, serta dengan pelayanan yang cepat, diharapkan tak terjadi lagi pengiriman TKI secara ilegal,” kata Dirjen Pembinaan Penempatan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Maruli Apul Hasiloan di kantornya, Selasa (7/11/17).
Maruli mengatakan, tantangan terberat para petugas Desmigratif ini adalah melawan calo TKI yang mempunyai backing (sokongan) pemodal besar serta dekat dengan oknum pejabat.
“Dan bukan tidak mungkin mereka akan berbalik menjadi calo TKI. Untuk itu kami akan bekerja sama dengan baik dengan pemerintah kabupaten dan kota serta kepala desa. Kami juga bekerja sama dengan Polri serta lembaga pemerintah lainnya,” kata dia.
Menurutnya, dalam tiga tahun pertama petugas Desmigratif ini digaji dari pusat yakni Kemnaker, dan selanjutnya daerah yang tanggung. “Ini program yang baik dari pemerintah saat ini untuk menyiapkan calon TKI ke luar negeri agar bermutu,” kata dia.
Sebagaimana diberitakan, Desmigratif merupakan sebuah program baru yang sedang diluncurkan oleh pemerintah.
Program Desmigratif memuat empat kegiatan utama yaitu pembangunan pusat layanan migrasi, memupuk usaha produktif, community parenting dan membentuk koperasi usaha produktif. Selanjutnya empat kegiatan utama tersebut meliputi sejumlah kegiatan sesuai priode pelaksanaannya, yaitu sebelum, saat mereka bekerja di negara penempatan, dan setelah penempatan pekerja migran di luar negeri.
Adapun subyek program Desmigratif adalah calon TKI, keluarganya dan TKI purna yaitu TKI yang selesai bekerja di luar negeri dan ingin menetap dan berusaha di dalam negeri.
Siap Cegah Calo TKI
Sementara itu, sebanyak 244 petugas Desmigratif dari seluruh Indonesia siap mencegah dan memberantas calo pekerja migran atau tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri.
Mencegah dan memberantas calo mereka lakukan dengan memberikan informasi yang cepat dan akurat kepada masyarakat mengenai suka dan duka bekerja di luar negeri. Selain itu, mereka akan bekerja sama dengan pihak Polri setempat. (pk-in/red)

Loading...