Petugas Lapas Cipinang Ditangkap, Terkait Narkoba CC4 Jenis Baru

oleh
70 views
Jakarta, INDIKASI News — Aparat dari Narcotic Investigation Centre (NIC) Direktorat Narkoba Mabes Polri pada Rabu (15/4/15) sore melakukan penangkapan terhadap seorang petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang, pascamenemukan narkoba CC4 yang merupakan narkoba jenis baru.
Penangkapan tersebut dilakukan di Lapas Cipinang yang berada di Jalan Bekasi Timur Raya, Nomor 170, Jatinegara, Jakarta Timur (Jaktim). Ditemui di lokasi, Kepala Tim NIC Direktorat Narkoba Mabes Polri, Ajun Komisari Besar Polisi (AKBP) Kristian Siagian, mengatakan, petugas lapas itu berinisial IR.

IR yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) tersebut, jelas AKBP Kristian, memiliki peran memasukan narkoba ke dalam Lapas. Menurut dia, IR memang sudah lama diintai Bareskrim Mabes Polri, namun baru sekarang ditangkap pasca Lapas Cipinang digeledah pada Kamis (9/4). 

Penggeledahan tersebut, seperti diketahui merupakan hasil pengembangan dari kasus terpidana mati narkotika, Freddy Budiman. Dari hasil penggeledahan itu, petugas menyita alat komunikasi telepon genggam, laptop, buku tabungan, 122 lembar CC4, serta 0,66 gram sabu. 
“Yang kita tangkap ini petugas staf di Lapas, inisialnya IR. Dia terkait jaringan Freddy Budiman. Dia melakukan pengambilan barang dari luar dan memasukan ke dalam. Kami sudah cium lama, ini akan kami periksa intensif dengan Bareskrim Polri,” kata Kristian dilokasi penangkapan, Rabu (15/4). 
Untuk diketahui, dalam upaya penangkapan IR tersebut, Kristian beserta enam orang anak buahnya yang bersenjata laras panjang datang pada pukul 15.00 WIB. Kedatangan mereka menggunakan dua buah mobil Nissan Xtrail bernopol B 1443 BJG dan B 970 HNY, serta mobil Avanza Veloz hitam bernopol B 426 KHI.

Sebelumnya, dalam aksi penggeledahan yang dilakukan pada Kamis (9/4/15) pekan lalu, sekitar pukul 22.50 WIB, petugas Direktorat Narkoba Mabes Polri juga menangkap salah seorang warga binaan Lapas Cipinang, bernama Andre Samsul Maliq, lantaran namanya pernah disebut oleh terpidana Freddy Budiman.

Terkait dengan barang temuan CC4 yang diduga merupakan narkotika jenis baru, yang didapatkan oleh petugas dari Lapas Cipinang, pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) mengaku masih mempelajari. Saat ini, BNN belum bisa memberi banyak keterangan, termasuk mulai kapan beredarnya di Indonesia dan apa efek sampingnya. 
“Sampai saat ini belum tahu produk baru atau enggak, pemeriksaan sampel baru saja diberikan dari penyidik Bareskrim ke BNN. Kita belum tahu juga (kapan mulai beredar di Indonesia). Masih dianalisa. Begitu juga dengan efeknya yang belum diketahui,” ujar Kabag Humas BNN, Kombes Slamet Pribadi saat dihubungi, Jumat (10/4). 
Jawaban senada juga dikatakan saat disinggung mengenai apakah CC4 ini sama dengan LSD yang digunakan pengendara Mitsubishi Outlander Sport maut di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan (Jaksel) beberapa waktu lalu. 
“Belum tahu. Pemeriksaan butuh waktu 3-4 hari karena butuh konfirmasi ke lab di seluruh dunia untuk cari pembanding,” ucapnya.(ht)