PKL Berserakan di Seberang Terminal Kalideres, Oknum Pol PP Terima “Upeti” Jutaan Rupiah

oleh -427 views
Pedagang kaki lima (PKL) yang berada di seberang Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Fota-IN)

INDIKASINews, Jakarta — Pedagang kaki lima (PKL) yang berada di seberang Terminal Kalideres, Jakarta Barat memperkeruh keindahan ibukota. Terlebih lagi keberadaan PKL tersebut tidak tertata dan selalu menyisakan sampah.

Berita terkait: Terkait PKL, Kasatpol PP Jakbar: Sebutkan Nama Anggota Saya yang Pungli Biar Ditindak Jangan jadi Tukang Fitnah

Berserakannya PKL tersebut tidak lepas dari peran serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang tidak menindak para pedagang tersebut.

Menurut informasi yang didapat awak media, ada retribusi yang harus dibayar para pedagang kepada oknum kordinator sebesar Rp3 ribu (pagi) dan Rp3 ribu (malam), jumlah pedagang setiap harinya bisa berjumlah 60 pedagang.

“Sehari bayar Rp3 ribu satu pedagang, pagi beda, siang beda,” ujar narasumber.

Ditambah lagi, jika pedagang ingin menempati lapak harus membayar Rp700 ribu per lapak. “Kemarin teman saya ingin menempati lapak, diminta Rp700 ribu,” ujar salah satu pedagang.

Hasil penelusuran awak media, adanya oknum Satpol PP Kecamatan Kaliders Jakarta Barat diduga menerima upeti dalam sebulan mencapai jutaan rupiah yang diberikan sang oknum kordinator.

Perlu diketahui, keberadaan PKL tersebut hampir setahun lamanya dan ini berjalan mulus tanpa hambatan.

Adanya PKL tersebut memakan badan trotoar untuk para pejalan kaki dan menimbulkan kemacetan di lokasi tersebut.

“Siang malem disini macet melulu,” ujar Roji, pengendara mobil yang melintasi kawasan tersebut.

Masyarakat berharap kepada pihak terkait agar para pejalan kaki dan pengendara tidak terganggu dengan keberadaan para PKL tersebut.

Penulis: RA-IN
Editor: Red