Polisi Sebut Bisa Ada Tersangka Baru Terkait Kasus Hoaks Ratna Sarumpaet

oleh -26 views
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono

INDIKASINews, Jakarta — Kombes Pol Argo Yuwono Kabid Humas Polda Metro Jaya mengaku tak menutup kemungkinan ada tersangka baru dalam kasus penyebaran berita bohong atau hoaks yang membuat Ratna Sarumpaet menjadi tersangka.

“Untuk tersangka baru kemungkinan bisa terjadi. Semua bisa terjadi tapi tergantung pengembangan. Tentu saja penyediklah yang akan melakukannya,” ujar Argo di kawasan Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (31/1/19).

Berkas perkara Ratna Sarumpaet telah dinyatakan lengakap atau p21. Pelimpahan tahap dua pun dilakukan, yakni penyerahan Ratna dan barang bukti ke Kejaksaan. Ibu dari Atiqah Hasiholan sendiri kini berada di Kejaksaaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan.

Ratna ditahan pada 5 Oktober 2018 di Rutan Polda Metro Jaya, akibat kasus penyebaran berita bohong atau hoaks. Dalam kasus tersebut, sebanyak tiga orang telah diperiksa sebagai saksi. Adapun ketiga saksi tersebut, yakni Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, Wakil Ketua Tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Nanik S Deyang, dan Koordinator Juri Bicara BPN, Dahnil Anzar Simanjuntak.

Bahkan, pengamat politik Rocky Gerung turut diperiksa sebagai salah satu orang yang menyebarkan informasi bohong yang terkait kasus Ratna.

Ratna Sarumpaet ditangkap atas kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks terkait penganiayaan terhadap dirinya. Aktivis itu disangkakan dengan Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 jo Pasal 45 Undang-Undang ITE. Akibat kasus tersebut, ia terancam 10 tahun penjara.

Penulis: YP-PK
Editor: Red