Proyek Pembangunan Gudang di Jalan Padamulya – Angke Diduga tak Kantongi IMB

oleh -54 views
Proyek pembangunan gudang di jalan Padamulya 4 No. 8, RT. 007/004, Kel. Angke, Kec. Tambora Jakarta Barat, diduga tidak mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB).

INDIKASINews.com, Jakarta — Proyek pembangunan gudang di jalan Padamulya 4 No. 8, RT. 007/004, Kel. Angke, Kec. Tambora Jakarta Barat, diduga tidak mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB).

Indikasinews.com mencoba mengkonfirmasi ke warga setempat, mengatakan memang benar bangunan gudang tersebut tak berizin,” uajar seorang warga yang tidak mau disebutkan namanya.

Pada dasarnya, setiap bangunan gedung harus memenuhi setiap persyaratan dalam undang-undang, baik persyaratan administratif maupunpersyaratan teknis sesuai dengan fungsi bangunan gedung, sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung (“UU Bangunan Gedung”).

Hal ini diatur lebih jelas dalam Pasal 8 Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2005 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung (“PP 36/2005”) yang berbunyi:

(1) Setiap bangunan gedung harus memenuhi persyaratan administratif dan persyaratan teknis sesuai dengan fungsi bangunan gedung.

(2) Persyaratan administratif bangunan gedung meliputi:

a. status hak atas tanah, dan/atau izin pemanfaatan dari pemegang hak atas tanah;

b. status kepemilikan bangunan gedung; dan

c. izin mendirikan bangunan gedung.

(3) Persyaratan teknis bangunan gedung meliputi persyaratan tata bangunan dan persyaratan keandalan bangunan gedung.

(4) Persyaratan administratif dan persyaratan teknis untuk bangunan gedung adat, bangunan gedung semi permanen, bangunan gedung darurat, dan bangunan gedung yang dibangun pada daerah lokasi bencana ditetapkan oleh pemerintah daerah sesuai kondisi sosial dan budaya setempat.

Seharusnya pembangunan gedung tersebut yang diduga tidak mengantongi izin IMB harus taat administrasi sesuai Perda dan Undang-undang dalam proyek pembangunan. (bie)

Loading...

No More Posts Available.

No more pages to load.