Rumah DP Rp 0 Rupiah, Sandiaga Uno: Akan Launching Awal Bulan Mei

oleh
Contoh unit rumah DP nol Rupiah di kawasan Rorotan (Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

INDIKASINews, Jakarta — Pemprov DKI Jakarta mulai membentuk unit pelaksana teknis (UPT) program rumah DP 0 rupiah. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menerangkan, UPT tersebut telah dipayungi oleh Pergub DKI.

“Ya alhamdulillah, kita ucapkan syukur UPT-nya sudah ditandatangani oleh Pak Gubernur. Sekarang kita akan mengisi SDM-nya,” ujar Sandi saat ditemui di Pasar Koja, Jakarta Utara, Senin (17/4/18).

Dalam pergub tersebut diatur kewenangan UPT. Setelah UPT, kata Sandi, Pemprov DKI akan membentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk menyalurkan program rumah DP 0 rupiah.

Lebih lanjut, Sandi mengatakan saat ini pihaknya sedang merancang Pergub DKI soal pembiayaan. Rencananya, penjualan akan dimulai pada akhir bulan April.

“Insyaallah penjualannya bisa dilaunching akhir bulan April atau awal bulan Mei,” jelas Sandi.

Sandi sebelumnya menuturkan bahwa tak menutup kemungkinan proses pendaftaran rumah DP 0 rupiah diwarnai aksi para calo yang menipu warga. Namun, ia menegaskan akan mengawasi dan menindak aksi para calo yang tertangkap.

Dia juga mengimbau warga agar menghindari calo saat proses pendaftaran. “Ini selalu menjadi tantangan karena setiap Pemprov luncurkan kebijakan, selalu terantisipasi adanya kemungkinan rekayasa, misalnya calo. Ini masyarakat dan Pemprov harus saling mengawasi,” ujar Sandi di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (16/4/18).

Penulis: KMP-CP
Editor: Red