Sambut Asian Games 2018, Pemprov DKI Usul PNS dan Anak Sekolah Pulang Jam 14.00 WIB

oleh -625 views

INDIKASINews, Jakarta — Ibukota siap menyambut Asian Games 2018. Berbagai persiapan dilakukan mulai dari pengaturan jam sekolah, jam kerja pegawai negeri sipil (PNS), jalur khusus di jalan tol, hingga perluasan sistem ganjil-genap.

Untuk pengaturan jam sekolah selama perhelatan Asian Games yang dimulai pada 8 Agustus mendatang, sebanyak 84.000 siswa akan dikendalikan waktu masuk dan pulang agar tidak menimbulkan kemacetan. Para pelajar harus datang lebih awal pukul 06.30 WIB dan pulang paling lambat pukul 14.00 WIB.

”Kalau diliburkan pergerakan 800.000 lebih siswa di Jakarta sulit dikendalikan karena kita tidak mengetahui anak SD, SMP, dan SMA kemana saja sepanjang hari. Maka itu, kami kendalikan melalui perubahan waktu,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, kemarin.

Selain itu, siswa juga secara bertahap diundang menghadiri Asian Games. Dia berjanji akan menyediakan bus antar jemput termasuk penyediaan 1.500 bus yang memfasilitasi warga untuk menonton pertandingan dari dekat tanpa harus menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk jam kerja PNS, Anies menyerahkan sepenuhnya pada Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Pemprov DKI telah mengusulkan ke kementerian untuk mengatur jam kerja PNS saat Asian Games, seperti aktivitas pada Ramadan, yakni pukul 07.00–14.00 WIB sehingga pergerakan PNS juga terkendali.

”Lalu lintas nanti akan disiapkan jalur khusus di jalan tol mulai dari ramp di Kemayoran-Ancol kemudian sepanjang jalur lewat Grogol menuju Senayan. Jalur khusus juga diterapkan di Kelapa Gading menuju Tol Jagorawi untuk sampai ke Taman Mini Indonesia Indah,” ujar Anies.

Loading...