Sambut Hari Kesaktian Pancasila 2021, Robiansyah, S.H: Pemuda Untuk Lebih Menghayati Nilai Luhur Pancasila

oleh -89 views
Robiansyah, S.H (Managing Partners di Kantor Hukum RI & Partners Law Firm)

INDIKASINews, com, Jakarta — Menyambut Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021, Robiansyah, S.H selaku Managing Partners di Kantor Hukum RI & Partners Law Firm mengajak seluruh masyarakat dan tokoh pemuda sebagai generasi penerus bangsa untuk lebih menghayati hikmah dan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila. “Pancasila yang saat ini menjadi dasar negara Indonesia adalah rumusan paling tepat dihasilkan para pendiri bangsa. Sebab itu, sepatutnya hal ini dilaksanakan secara murni dan hitmat”, ungkapnya, Rabu, (29/10/2021).

Disampaikan juga bahwa, salah satu wujud penghayatan nilai-nilai Pancasila adalah menolak ideologi komunisme, marxisme dan leninisme. Pancasila mengajarkan Ketuhanan yang Maha Esa sehingga sangat tidak cocok disandingkan dengan ideologi-ideologi yang tidak mengakui adanya Tuhan.

Ditambah lagi, Pancasila merupakan hasil dari perenungan dan pemikiran mendalam para pendiri bangsa (founding fathers) yang digali dari praktek nyata kehidupan leluhur bangsa Indonesia. Pemikiran itu dikristalisasi dalam rumusan-rumusan yang disepakati bersama. Oleh karena itu sudah sepatutnya kalau Pancasila menjadi landasan moral kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam sidang BPUPKI 1 Juni 1945 mengusulkan Pancasila dengan sila kelima, “Ketuhanan Yang Berkebudayaan’. Namun, Panitia Sembilan dimana didalamnya terhimpun kaum kebangsaan dan para ulama, berhasil memantapkan rumusan Pancasila 22 Juni 1945 menjadi Pancasila sebagaimana tercantum dalam Piagam Jakarta dimana Sila Pertama berbunyi “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”.

Sedangkan bagi kita yang utama adalah bagaimana mengamalkannya secara murni dan konsekuen, agar kita segera secara bersama-sama dapat keluar dari pandemi Covid-19 dan menyongsong kehidupan baru berbangsa dan bernegara yang lebih baik lagi, Tegasnya. (red)

Loading...

No More Posts Available.

No more pages to load.