Sandiaga Uno Berniat ‘Menghalalkan’ Hotel dan Tempat Hiburan

oleh -171 views
Jakarta, INDIKASINews — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berniat ‘menghalalkan’ hotel dan tempat hiburan melalui halal tourism.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menjelaskan program halal tourism merupakan gagasan yang dibawa organisasi Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).
Sandi menginginkan dengan halal tourisme, hotel-hotel konvensional di Jakarta dapat merubah diri mengikuti kaidah hotel syariah.
“Bersama dengan gerakan OK OCE, MES juga ingin dorong timbulnya kegiatan ekonomi khususnya yang di UKM untuk mendorong hadirnya semangat baru untuk mengkonversi hotel-hotel yang sekarang beroperasi secara konvensional untuk melirik bagaimana kaidah-kaidah perhotelan syariah,” katanya di Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (2/11/17).
Sandi mengatakan saat ini hotel berbasis syariah tengah tumbuh pesat di beberapa negara Asia lainnya. Politisi Partai Gerindra itu menyebut di Malaysia, Korea Selatan dan Jepang, hotel syariah mulai berkembang. Di Jakarta, kata Sandi, sudah terdapat beberapa hotel syariah, diantaranya di Menteng, Jakarta Pusat
“Beberapa yang sudah saya kunjungi langsung seperti Hotel Sofyan di Tebet maupun yang di Menteng, terus ada beberapa hotel yang ada di wilayah Jakarta Timur. Jadi kita justru ingin memastikan Jakarta gak ketinggalan,” jelas Sandi.
Sementara itu Ketua MES DKI Jakarta, Reza Artha menerangkan perbedaan antara hotel syariah dan hotel konvensional terlerak pada operasional dan manajemen. Menurutnya hotel syariah lebih mengedepankan nilai-nilai syariah Islam dalam operasionalnya.
“Bedanya ada pada operasional dan manajemennya. Artinya hotel syariah adalah dalam operasionalnya mengetengahkan pola-pola atau aturan-aturan yang sesuai dengan syariah,” ungkap Reza. (pk-in/red)

Loading...