Simpan Bom Molotov, Dosen IPB Abdul Basith Ditangkap

oleh -40 views
Kabid Humas Polda Metrp Jaya Kombes Pol Argo Yuwono .

INDIKASINews, Jakarta — Polda Metro Jaya membenarkan adanya penangkapan terhadap dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) yang berinisial Abdul Basith.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, Abdul Basith ditangkap lantaran menyimpan 28 bom molotov. Ia ditangkap oleh tim Jatanras Polda Metro Jaya di kediamannya yang berlokasi di Tangerang, Sabtu (28/9/19).

Tak ditangkap sendirian, ia ditangkap bersama lima terduga tersangka lainnya yakni SG, YF, AU, OS dan SS.

“Yang bersangkutan (Abdul Basith) menyimpan bom molotov 28 buah,” ujar Argo ketika dikonfirmasi wartawan, Senin (30/9/19).

Namun ia masih belum menjelaskan peran dari masing-masing terduga tersangka yang diamankan tersebut. Ia hanya menyebut, Abdul Basith berencana melakukan peledakan bom molotov saat aksi Mujahid 212 Selamatkan NKRI, Sabtu (28/9/19).

“(Bom molotov) untuk mendompleng demo mujahid 212 yang rencananya akan melakukan pembakaran-pembakaran di Jakarta. Kalau engga ditangkap ya bisa kejadian (peristiwa pembakaran menggunakan bom molotov),” jelas Argo.

Sebelumnya Kepala Biro Humas IPB Yatri Indah Kusumastuti mengaku terkejut dengan kabar penangkapan salah satu dosen di kampunya tersebut. Ia mengatakan, pihak kampus merasa sangat prihatin terhadap kabar tersebut.

Ia menegaskan, apa yang dilakukan oleh yang bersangkutan tidak ada sangkut pautnya dengan kampus IPB.

“Dugaan aktivitas yang dilakukan adalah tidak ada kaitannya dengan tugas yang bersangkutan sebagai dosen IPB dan menjadi tanggung jawab penuh yang bersangkutan sebagai pribadi,” terang Yatri, dalam siaran pers.

Penulis: FR-PK
Editor: Red