Soal Dugaan Mark-up Anggaran Tong Sampah Kadinsih DKI Berkilah

oleh
126 views
Jakarta, INDIKASINews — Kepala Dinas Kebersihan (Dinsih) Pemprov DKI, Saptastri Ediningtyas mengaku tak mengetahui terkait anggaran tersebut. “Yang mana sih? Saya belum lihat lagi terkait data dan jumlahnya. Kayanya itu salah jumlah itu, nggak sampe segitu, gak ada sebanyak itu. Tapi nanti coba saya cek lagi ya,” katanya di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (18/3/15).
Ia menerangkan, adanya usulan tersebut berawal dari unit. Namun, dirinya tetap menampik terkait jumlah anggaran tersebut. “Kalau usulan tong sampah itu usulan awal dari unit, ada sudin ada dinas. Tapi anggarannya gak tahu berapa, anggaran tong sampah dari tahun lalu tetap diusulkan,” ungkapn
“Kalau terkait pokir, ga tau saya kalau itu. Tapi lebih baik jangan ditulis dulu mas, jangan dibesar-besarkan terkait hal itu. Saya khawatir kondisi saat ini kan masih panas nih, kita pengennya kan adem. Supaya APBD juga cepet kelar,” harapnya.
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sempat membuka salah satu dugaan mark-up pada APBD DKI Jakarta 2014. Salah satu anggaran fenomenal pada tahun yang sama, berada di Dinas Kebersihan. Tak tanggung-tanggung, jika ditotal secara keseluruhan, anggaran pengadaan tong sampah beserta alat kebersihan, serta kegiatan monitoring alat kebersihan di sejumlah tempat, hingga tingkat RW adalah sebesar Rp38,854 milyar.
Sementara terkait indikasi adanya keterlibatan pokok pikiran (pokir) dalam anggaran pengadaan tersebut, dirinya menampik hal tersebut. Bahkan, ia menyarankan agar hal tersebut tak perlu dibesar-besarkan. (dbs)