Subhanallah, Masjid Bagus Ornamen China Ini Berada di Kolong Jalan Tol

oleh -1.033 views
Foto: Masjid Babah Alun di Jalan Papanggo Kolong Tol Wiyoto Wiyono, Warakas, Jakarta Utara

INDIKASINews, Jakarta — Kolong jalan tol biasanya digunakan sebagai taman kering. Bahkan di beberapa tempat kerap berdiri bangunan semi permanen sekedar untuk bisa tidur atau berteduh.

Ada pemandangan menarik di kolong Jalan Tol Wiyoto Wiyono, di Jalan Papanggo Gang 21 RT 001 RW 007 Papanggo, Jakarta Utara. Di tempat itu ada mesjid bagus dengan arsitektur China berdiri yang tampak amat teduh. Namanya, Mesjid Babah Alun.

Bagian depan mesjid terlihat kesan China sangat kuat dengan atapnya yang hijau-merah, serta pintu berwarna sama. Sedang pada bagian dalam terdapat delapan tiang berukir dengan langit-langit biru lebut dan putih mengesankan sebagai langit dan awan.

Tempat ibadah berukuran 17 meter x 15 meter ini dibangun oleh Yusuf Hamka, penasehat seorang mualaf yang juga anak angkat Buya Hamka PT Citra Marga Nusapala Persada Tbk. Tempat berwudhu, baik untuk perempuan maupun laki-laki, dilengkapi dengan kursi keramik.

Teduhnya mesjid ini membawa suasana lain kolong jalan tol. “Dilihat saja bikin adem,” kata Suryo, warga yang berniat sholat tarwih di mesjid itu.

Ia menyebut tempat itu semula kumuh. Bangunan mesjid membuat kolong jalan tol menjadi tamlah berbeda serta bisa menjadi tempat aktibvitas warga.

Penulis: TM-PK
Editor: Red

Loading...

No More Posts Available.

No more pages to load.