Tak Ada Tanggul, Warga Desa Hantatai Lampung Barat Mengeluh

oleh -448 views

INDIKASINews, Lampung Barat — Luapan sungai yang diakibatkan hujan deras dan mengakibatkan banjir kembali masuk ke kampung halaman warga, air kembali tergenang di desa hantatai Kecamatan Bandar Negeri Suoh Kabupaten Lampung Barat. Sabtu (7/04/18) pukul 17.00 hingga pukul 19.00 wib. Luapan juga disebabkan tanggul sungai sudah tidak ada atau sudah rata dengan daratan.

Di Desa Hantatai terdapat dua sungai yang setiap turun hujan selalu saja meluap yang mengakibatkan banjir dengan ketinggian setengah meter atau diatas lutut orang dewasa, bahkan sampai masuk kerumah warga, banjir selalu terjadi setiap hujan lebat turun.

Desa hantatai merupakan desa tertua di kecamatan Bandar Negeri Suoh, lokasi kampung terdapat dua aliran sungai yang mengalir di sisi kanan dan kiri desa yakni, sungai peninjauan dan sungai way bulok.

Aris selaku aparatur Desa Hantatai menyaksikan secara langsung banjir yang melanda pemukiman warga, Aris mengatakan “hal ini akan segera saya laporkan kepala desa hantatai syahruddin, dan untuk segera meneruskan laporan kejadian musibah banjir, yang selalu saja melanda desa hantatai kepada pemerintah daerah kabupaten Lampung Barat,”. Katanya.

“Setiap hujan deras walaupun hanya selama 1 jam saja, air sungai sudah meluap dan membanjiri kampung dan ini selalu saja terjadi didesa kami,” Sambungnya.

Sudisman selaku tokoh masyarakat mengungkapkan “kami ingin Pemerintah kabupaten lampung barat agar segera bertindak dan jadikan salah satu program yang di prioritaskan ditahun 2018 ini, agar kami tidak selalu saja resah dan di hantui rasa ketakutan yang berkepanjangan setiap hujan deras turun.,” Ungkapnya.

Penulis: Andy-IN
Editor: Red