Terburuk di Dunia Kualitas Toilet Indonesia

oleh
39 views
Jakarta, INDIKASINews — Kualitas toilet Indonesia di peringkat 40 dari 140 negara. World Economic Forum (WEF) Menempatkan dan Nilai kualitas toilet Indonesia hanya 40 dari skala 100. Namun, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memiliki cara unik mengatasi ‘aib’ masyarakat Indonesia ini. 
Bupati yang terpilih sejak 2010 ini dikenal dengan beberapa karya festival rakyat. Beragam kegiatan yang melibatkan masyarakat Banyuwangi terlahir di bawah kepemimpinannya. Termasuk Festival Toilet Bersih alias Jeding Resik. 
Kegiatan tersebut diselenggarakan 30 Januari 2015 lalu.

Langkah yang dilakukan Bupati Anas melalui sosialisasi pentingnya kebersihan toilet dan kesadaran masyarakat Banyuwangi. bentuknya sebuah kegiatan bertajuk Toilet Festival. 

“Disayangkan bila musola bagus tapi toilet bau dan air tidak ngucur. Dengan Festival Toilet Bersih kita berharap dimulai dari sini, tentang pentingnya menjaga kebersihan toilet,” kata Anas di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (26/3/15). 
Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Anas dalam acara makan pagi bersama dengan rombongan Garuda Indonesia yang akan menghadiri pembukaan gerai baru Garuda Indonesia di Banyuwangi.
“Bansos tidak akan dicairkan kalau toilet tidak bagus,” ujarnya yang disambut tawa undangan

Agar semua bisa terlibat, tentunya mantan anggota MPR termuda ini memiliki treatment khusus. (dbs)