Tersangka Korupsi Kemenag Jatim Serahkan Rp 900 Juta ke Kejati

oleh
113 views
Surabaya, INDIKASI News — Bagus Sutarto, tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan mess santri di Kementrian Agama (Kemenag) Jatim menyerahkan uang Rp 900 juta ke penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim, Senin (20/4/15).
Penyerahakan uang itu dilakukan oleh keluarga Bagus Sutarto bersama kuasa hukumnya, Indra Rianpoli.
Uang gebokan yang semua pecahan seratus ribuan tersebut diterima penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Jatim dan langsung disita menjadi barang bukti.
“Setelah dihitung, uang ini kemudian dititipkan ke bank. Di rekening atas nama Kejati Jatim yang khusus hanya penitipan. Tidak berbunga dan tidak merubah barang bukti,” kata Kasi Penkum Kejati Jatim, Romy Arizyanto.
Bagus Sutarto adalah rekanan dalam pembangunan gedung A mess santri kemenag.
Dari perhitungan sementara, kerugian negara dalam proyek gedung A mencapai Rp 1,2 miliar. Jika sudah diserahkan Rp 900 juta, berarti masih ada kurang sekitar Rp 300 juta.
“Kekurangan itu, menurut perwakilan tersangka, juga akan dilengkapi,” tandas Romy.
Dijelaskan, pengembalian uang ini merupakan inisiatif tersangka. Setelah berkomunikasi dengan penyidik, akhirnya diputuskan untuk mengembalikan uang yang masuk dalam hitungan kerugian negara dalam perkara itu.
Namun, Romy menegaskan bahwa pengembalian uang kerugian negara, bukan berarti perkara ini selesai. “Yang memungkinkan, pengembalian uang ini menjadi pertimbangan meringankan saat sidang nanti,” tambahnya. (ik)