Tidak Semua Penyebar Meme Bisa Dipenjarakan Berdasarkan UU ITE?

oleh -207 views

Jakarta, INDIKASINews — Tidak semua penyebar meme bisa dipenjarakan berdasarkan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Apalagi kalau meme itu hanya lelucon dan tidak bernuansa tuduhan langsung, maka tidak bisa dikenai UU ITE.

“Sepanjang meme itu bukan sebuah tuduhan langsung yang dilarang maka tidak bisa dikenakan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE),” Staf Ahli Kemkominfo Bidang Hukum Henri Subiakto terkait laporan Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) atas penyebaran meme dirinya,
Dalam pasal 27 ayat 3 UU ITE menjerat orang yang menuduhkan suatu hal yang tak sesuai fakta melalui internet. “Misalnya si A koruptor, padahal dia tidak ada, itu dia bisa kena (UU),” kata dia.
Dia memastikan bila meme memuat pesan humor tidak bisa dijerat UU ITE. “Kalau isinya kelucuan, mengkiritik, tidak ada tuduhan, kan meme-nya lucu-lucuan dan tidak terkait tuduhan, itu tidak bisa kena,” kata Henri.
Dia kembali menegaskan meme itu sah sepanjang tidak menuduh dengan tuduhan yang salah. “Kalau mengatakan orang ini menjengkelkan, sakti, langit aja nurut sama dia, itu sebuah sarkasme dan satir, tidak bisa dikenakan UU ITE,” kata dia.
Penyidik Bareskrim Polri sedang menyelidiki 32 akun yang dilaporkan ke polisi. Saat ini sembilan akun diduga telah melakukan penghinaan. Sebelumnya, polisi sempat menangkap pelaku penyebar meme wajah Setnov yang mengenakan masker alat bantu tidur di rumah sakit. (pk-in/red)

Loading...