Tingkatkan Kapabilitas untuk Generasi Masa Depan

oleh -11 views

INDIKASINews, Kepri — Gubernur H Nurdin Basirun berharap jajaran civitas akademis di Universitas Karimun (UK) untuk terus meningkatkan kapabilitasnya dalam menjalankan tugas dan program kerja yang dimiliki. Hal ini sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Kepri, sehingga lahir generasi masa depan yang gemilang.

“Hasilkan alumni UK yang berkualitas sebagai bentuk kerja keras dan niat kita sebagai pemegang amanah disetiap lini, terlebih pendidikan adalah modal yang penting bagi generasi muda kita dalam menghadapi masa depan,” ujar Nurdin saat menghadiri Pelantikan, Pengambilan Sumpah dan Serah Terima Jabatan Rektor Universitas Karimun Periode 2019-2023 di Balai Pertemuan Haji Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Rabu (24/4).

Menurut Nurdin, meningkatnya kualitas pendidikan sendiri terdapat tiga hal yang menjadi pehatian antara lain: Kompetensi, Sarana dan prasarana serta Kesejahteraan. Pemerintah juga dikatakan Nurdin akan terus berperan aktif dalam mencari formulasi yang tepat untuk menyeimbangkan ketiga hal itu.

“Ketiganya harus seimbang, maka kita minta semua pihak untuk bersama-sama berkomitmen untuk mewujudkan peningkatan bidang pendidikan di Kepri,” lanjutnya.

Generasi muda terutama dikalangan mahasiswa dikatakan Nurdin memiki peran yang penting, yakni sebagai ujung tombak perubahan bangsa menuju kearah yang lebih baik.

“Sehingga tugas kitalah sebagai generasi saat ini untuk mempersiapkan dan memberi laluan kepada generasi muda agar terarah sesuai cita-cita bangsa dan negara,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim mengatakan bahwa sejarah dari UK sendiri dapat berdiri berkat tangan dingin Gubernur Nurdin yang kala itu menjabat sebagai Bupati. Dirinya mengatakan bahwa dalam perjalanannya mendirikan Universitas memang sulit namun untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tentu menjadi tantangan yang tidak mudah pula.

“Namun kita yakin jika semua pihak terkait bersama-sama menjalin koordinasi dan meningkatkan kebersamaan maka apa yang menjadi tujuan kita dapat tercapai,” kata Anwar.

Kepada Rektor yang baru, Wabup berpesan untuk terus menjalin kerjasama yang kondusif kepada Pemerintah Kabupaten agar setiap perjalanan dalam upaya memajukan kualitas pendidikan dapat berjalan baik dan lancar.

Kemudian, Ketua Yayasan Tujuh Juli Karimun Haris Fadillah dalam sambutannya mengucapkan ucapan terimakasih kepada Rektor sebelumnya atas beragam capaian dari program-program yang digagas selama masa jabatannya sehingga UK terus meningkat menjadi lebih baik lagi.

“Dan kepada Rektor yang baru kami ucapkan selamat bekerja, harapan besar kami tangguhkan kepada anda dalam upaya untuk terus memajukan Universitas Karimun,” kata Haris.

Pelantikan sendiri dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Ketua Yayasan Tujuh Juli Karimun Nomor: 024/SK/YTJK/IV/2019 tentang Penunjukan dan Pengangkatan dalam Jabatan Rektor Universitas Karimun, dilantik Alfino Susanto sebagai Rektor Universitas Karimun untuk masa jabatan 2019-2023.

Selaku Rektor yang baru saja dilantik, Alfino Susanto mengaku bangga atas momen yang bersejarah hari ini dirinya telah diberikan amanah besar dalam menjalankan tugas sebagai Rektor UK yang baru.

“Kita tahu bahwa UK ini menjadi harapan masyarakat Karimun dan saya bertekad untuk berupaya melaksanakan amanah ini dengan penuh tanggungjawab dan dengan semaksimal mungkin,” katanya.

Alfino melanjutkan bahwa kedepan dirinya bersama jajaran Civitas UK akan bekerja dengan maksimal, bahu-membahu serta bersinergi dengan pihak-pihak terkait untuk terus membangkitkan dan menyongsong kejayaan UK untuk berkiprah ditingkat yang lebih tinggi lagi.

“Salah satunya berkontribusi dalam penelitan dan pengabdian masyarakat, kita yakin akan dapat terwujud dengan kebersamaan,” lanjut Alfino.

Penulis: AMR/Adv-Humkepri
Editor: Red